Persiapan Syukuran Panen Padi Perdana Distan Bartim

Tidak ada komentar 128 views

SBM – Persiapan syukurun panen padi perdana, Kelompok Tani (POKTAN) MAJU BERSAMA Desa Ramania, Kecamatan Patangkep tutui, Kabupaten Barito timur, Kalimantan tengah,Selasa,27 Maret 2018.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Barito timur, Ir.Riza Rahmadi.MM didampingi Kepala Bidang  Produksi Tanaman Pangan dan Hortikultura Elyakim,SP MM, mempersiapkan acara syukuran panen padi perdana Kelompak Tani Maju Bersama dan mempersiapkan demonstrsai alat dan mesin pertanian berupa mesin panen padi COMBINE HARVESTER untuk mempermudah kelompok tani dalam kegiatan panen padi.

Direktorat Jendral Prasarana dan Sarana Pertanian(PSP) berupaya mengembang mekanisasi pertanian  melalui alat dan mesin pertanian kepada Kelompok dan Gabungan Kelompok Tani(GAPOKTAN)

Fasilitas bantuan Alat dan Mesin Pertanian (ALSINTAN), untuk menuju petani yang lebih moderen, efektif dan ramah lingkungan.

“Pengembangan mikanisasi pertanian, diarahkan untuk meningkatkan produksi dan mutu yang berdaya saing tinggi guna mewujudkan ketahanan pangan dan kesejateraan petani,” menurut Elyakim, Kabid tanaman pangan dan hortikultura, Dinas Pertanian,Barito timur.

Penerapan mekanisasi pertanian dapat meningkatkan pengelolaan tanah, peningkatan  Intensitas Pertanaman (IP), efesiensi biaya produksi, penyelamatan kehilangan hasil, peningkatan mutu hasil dan peningkatan pendapatan petani.

”Ini lah tugas kita,memberdayakan kelompok tani,agar mampu mengelola ALSINTAN secara bisnis melalui pembentukan UPJA”, tambah Elyakim.

Dinas Pertanian Kabupaten Barito timur berharap dengan adanya kegiatan ini mampu membawa petani menuju kesejahteraan dan kemandirian. (adi/red)

Pencarian Terkait

author
Penulis: 

Tinggalkan pesan "Persiapan Syukuran Panen Padi Perdana Distan Bartim"