Mengenal Sosok DR. Ir. Marukan Hendrick, M.A.P, Bakal Calon Wakil Gubernur Kalteng (bagian kesatu)

Liputan SBM, Palangka Raya – DR. Ir. Marukan Hendrick, M.A.P adalah Bupati Lamandau ketiga yang menjabat selama dua periode, yakni periode 2008–2013 dan 2013–2018, lahir di Desa Bayat Kecamatan Belantikan Raya Kabupaten Lamandau, 4 Februari 1958.

Pada awalnya DR. Ir. Marukan Hendrik M.A.P merupakan seorang tenaga pengajar (dosen) di kampus Universitas Palangka Raya (UNPAR) pada Fakultas Pertanian dirinya pernah menjadi dosen di Universitas Palangka Raya sejak tahun 1985 hingga 2002.

DR. Ir. Marukan Hendrick, M.A.P, selain menjadi dosen di Kampus UPR juga pernah menjadi dosen di Kampus PGRI. Dari kedua Kampus ini pernah menduduki jabatan untuk di Fakultas Pertanian UNPAR sebagai, Ketua Program Studi Kehutanan dan Pembantu Dekan Fakultas Pertanian selama 2 periode dan juga pernah menjabat Pembantu Dekan 3 di Fakultas Non Gelar UNPAR 2 periode.

Sementara itu Di Universitas PGRI pernah menjabat sebagai Pembantu Dekan I Fakultas Pertanian dan Dekan Fakultas Pertanian di Kampus PGRI.

Sebelum menjabat Bupati dua periode DR. Ir. Marukan Hendrick, M.A.P, merupakan Pegawai Negeri Sipil (PNS) yaitu pernah menduduki posisi jabatan Sekretaris Dewan (Sekwan) Kabupaten Lamandau 2002-2003, Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan 2003-2004 dan juga pernah menjabat posisi Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lamandau 2004-2008.

Memutuskan untuk terjun kedunia politik bukan hal mudah bagi sosok DR. Ir. Marukan Hendrick, M.A.P, kala itu, namun tekad bulatnya ingin mengabdikan diri untuk tanah kelahirannya ini lah membuat dirinya bertekad bulat terjun kedunia politik dan tentunya di luar dugaan banyak pihak baik itu kalangan politisi, akademisi dan tokoh masyarakat yang meragukan ketika dirinya maju pertama kali merebut kursi jabatan Bupati Lamandau. Hasil Pilkada 2008 menetapkan dirinya menjabat Bupati Lamandau untuk periode 2008-2013.

Selama lima tahun menjadi Bupati Lamandau banyak hal yang dibuatnya dari pelestarian budaya lokal, sarana dan prasarana pendidikan, kesehatan, pertanian/perkebunan pun menjadi prioritas utama dirinya memajukan Bumi Bahaum Bakuba sebutan lain Kabupaten Lamandau.

Selama lima tahun memimpin ini juga, DR. Ir. Marukan Hendrick, M.A.P mampu membuka keterisolasian daerah (desa) jalan darat di buka, listrik di adakan sehingga perlahan namun pasti setiap desa mulai diterangi listrik selama 24 jam dan pembangunan Kabupaten Lamandau pun mampu bersaing dengan Kabupaten pemekaran lainnya di Kalteng.

Periode kedua menjabat Bupati Lamandau DR. Ir. Marukan Hendrick, M.A.P, ditemani sang Wakil Bupati Drs. H. Sugiyarto membuat Kabupaten Lamandau semakin maju dari beberapa bidang, kurang lebih sama dengan periode beliau memimpin Kabupaten Lamandau, bahkan di akhir masa jabatan beliau berdiri lah satu kampus kebangaan masyarakat di Kota Nanga Bulik bernama Politeknik Lamandau (Polilaman).

Kementerian riset teknologi dan pendidikan tinggi (Kemenristekdikti) telah memberikan izin operasional sebuah Politeknik yang diberi nama Polilaman (Politeknik Lamandau).

Polilaman berada di bawah naungan Yayasan Lantang Torang sudah dinyatakan resmi untuk melaksanakan penerimanan mahasiswa baru dan perkuliahan pada tahun akademik 2018/2019 karena aspek legal formal Polilaman (Politeknik Lamandau) sudah jelas.

Prestasi demi prestasi di ukir sehingga berbagai event kegiatan provinsi pun pernah diadakan di Kabupaten Lamandau diantaranya, MTQ Tingkat Provinsi, Pesparawi Tingkat Provinsi dan bahkan satu agenda tahunan yaitu Festival Babukung masuk menjadi event tahunan tingkat nasional dan pernah tercatat pada rekor muri.

Festival budaya kebanggaan masyarakat Kabupaten Lamandau yang tahun ini memasuki tahun kelima, juga telah terpilih sebagai salah satu dari 100 calender of events wonderful 2019 Kementerian Pariwisata RI.

Hiruk pikuk Pemilihan Anggota Legeslatif yang lalu secara mengejutkan, DR. Ir. Marukan Hendrick, M.A.P, yang menjabat Ketua Partai Gerindra Lamandau, membatalkan niatnya untuk maju dengan alasan ingin mendorong kader partai golongan muda untuk bisa berebut menduduki kursi DPRD Kabupaten Lamandau, alhasil pada kepemimpinnya sebagai Ketua DPC Gerindra Kabupaten Lamandau mendudukkan tiga kadernya di kursi DPRD Lamandau untuk periode 2019-2024.

Namun di tahun 2019, dorongan kuat kalangan bawah baik per orangan, perkumpulan masyarakat, politisi, pejabat pemerintahan, juga kalangan akedemisi terus kuat mendorong sosok putra daerah kelahiran Desa Bayat ini untuk maju sebagai salah satu peserta di Pilkada Kalteng 2020.

Hingga saat ini Putra Bayat Kabupaten Lamandau Provinsi Kalteng, yaitu DR. Ir. Marukan Hendrick, M.A.P, sudah mendaftarkan diri ke Panitia Penjaringan Partai Demokrat dan Partai Nasdem sebagai bakal calon Wakil Gubernur Kalteng. (Bersambung) #liputansbm

Penulis : Yohanes Eka Irawanto, SE

Pencarian Terkait

Tinggalkan pesan "Mengenal Sosok DR. Ir. Marukan Hendrick, M.A.P, Bakal Calon Wakil Gubernur Kalteng (bagian kesatu)"