Apakah Pemberdayan Masyarakat Seputar Tambang Sudah Dijalankan

Liputan SBM, Palangka Raya –Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kalteng meningkat tajam dari pos royalti sebesar Rp. 2,2 Tirliun pada tahun anggaran 2019 menunjukkan jika kinerja Pemerintah Provinsi Kalteng patut di berikan apresiasi lebih.

Namun sejauh mana perusahaan tambang di Kalteng terkait dengan pemberdayaan warga desa yang berada di sekitar lingkar tambang.

Melonjaknya PAD Provinsi Kalteng sampai akhir tahun 2019 dari sektor tambang ini mendapatkan perhatian yang cukup serius dar kalangan anggota DPRD Kalteng.

Sekretaris Komisi II Bidang Ekonomi dan SDA DPRD Prov. Kalteng Sudarsono mengatakan, kenaikan pada pendapatan dari kegiatan tambang di Kalteng cukup tajam sekali dalam tiga tahun belakangan ini, hal ini patut di apresiasi bahwa kinerja Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran bersama Dinas teknis terkait cukup bagus sekali.

Kenaikan pendapatan dari sektor tambang ini apakah di ikuti dengan luas areal tambang semakin luas dan atau memang baru tiga tahun belakangan ini para pengusaha tambang menjual hasil tambangnya sehingg baru mendapatkan keuntungan bagi para pengusaha tambang sehingga pajak semakin tinggi pula yang harus disetorkan ke Pemprov Kalteng.

Mantan Bupati Seruyan ini lebih jauh mengatakan, Pemprov Kalteng mendapatkan keuntungan dari adanya kegiatan pertambangan ini. Namun sekali lagi yang menjadi pertanyaan apakah masyarakat sekitar lokasi tambang meningkat pula pendapatannya secara ekonomi keluarga.

Semisalnya, pihak perusahaan tambang mempekerjakan masyarakat sekitar lokasi tambang sehingga ada pendapatan bulanan dari hasil upah kerja masyarakat.

Selanjutnya, apakah masyarakat sekitar juga mendapatkan program pemberdayaan dalam rangka peningkatan keahlian masyarakat semisalnya bisa membuka bengkel motor, dan juga usaha lainnya dengan tujuan peningkatan kesejahteraan masyarakatnya.

“Kami pastikan bahwa ada keinginan kami ke lokasi tambang dan juga melihat kondisi desa sekitar tambang, begitu juga di mungkinkan ada rapat dengar pendapat dengan pengusaha tambang,” tutur pria kader Partai Golkar ini.

Sudarsono terus berujar, kami selaku anggota dewan sangat berkeinginan ada dampak baik di masyarakat sekitar lokasi tambang dan keberadaan pengusaha tambang juga bisa mendatangkan pundi pundi uang bagi peningkatan PAD Prov. Kalteng. #liputansbm

Penulis : Yohanes Eka Irawanto, SE

Pencarian Terkait

Tinggalkan pesan "Apakah Pemberdayan Masyarakat Seputar Tambang Sudah Dijalankan"