Acara Natal HW-Katingan Munculkan Budaya Dayak

Tidak ada komentar 146 views

Liputan SBM, Palangka Raya – Unsur budaya dayak terlihat nyata ketika digelarnya acara Natal dan Tahun Baru Himpunan Warga Katingan (HW-Katingan) Indonesia yang digelar di Gedung Sangkuwong Kota Palangka Raya pada Selasa 28/1/2020.

Dari teks ibadah, pakain adat lengkap dengan senjata mandau dan lawungnya, penampilan tari tarian tradisional, lagu pujian dengan bahasa dayak membedakan dari perayaan natal dan tahun baru pada komunitas lain.

Ketua Umum HW-Katingan Indonesia Yuandrias N. Djangkau, DIPL, PSC, MA mengatakan acara natal sekaligus tahun baru 2020 kali ini HW-Katingan membawa hal berbeda dengan komunitas dan atau ormas lain.

Dimana kami menampilkan sisi budaya dayak, secara total dari awal hingga acara berakhir. Maksud kami yang terdalam adalah sebagai bentuk kami untuk tetap menjunjung tinggi dan juga melestarikan budaya dayak itu sendiri dalam acara ini.

“Budaya dayak jangan sampai hilang dimasa mendatang. Budaya dayak wajib dijaga dari generasi ke generasi selanjutnya,” ungkap Ketum HW-Katingan.

Niatan kami dalam tema budaya ini juga mengisyaratkan bahwa budaya ini ada sebelum kami dan Kabupaten Katingan ada.

“Siapa lagi yang ingin Menjaga dan Melestarikan budaya dayak itu jika tidak warga Katingan sendiri ” pungkas Yuandrias.

Kegiatan Natal dan Tahun Baru HW-Katingan ini dihadiri oleh Bupati Jaringan Zakarias, Bupati Kapuas Ben Brahim S. Bahat, Duwel Rawing mantan Bupati Katingan dan saat ini anggota DPRD Kalteng, Napa J. Awat tokoh Katingan dan mantan anggota DPD RI, serta tamu udangan lainnya. #liputansbm

Penulis : Yohanes Eka Irawanto, SE

Pencarian Terkait

Tinggalkan pesan "Acara Natal HW-Katingan Munculkan Budaya Dayak"