Apa Saja Enam Isi Tuntutan Desa Kinipan Dengan PT. SML

Liputan SBM, Palangka Raya – Polemik yang terjadi antara Desa Kinipan dengan Sawit Mandiri Lestari  (PT. SML) Hingga kini belum ada titik temu terkait dengan pemecahan polemik sejak tiga tahun terakhir ini.

Aksi turun ke jalan para warga Desa Kinipan pun pernah dilakukan, mediasi dalam ruang rapat juga pernah dilakukan antara warga desa, Bupati Lamandau dan juga pihak PT. SML namun masih belum ditemukan titik terang yang semakin panjang saja polemik ini terjadi.

Enam isi tuntutan warga Desa Kinipan :

1). Untuk menghentikan semua aktivitas PT. Sawit Mandiri Lestari (PT. SML) di wilayah potensi Desa Kinipan yang belum digarap  2). Menuntut pada pihak PT. SML untuk membayar ganti rugi adat sebesar 10 miliar rupiah terhadap lahan warga yang digarap oleh pihak PT.SML.

3). Terhadap lahan yang sudah di garap PT. SML wajib membuat serta kerja sama plasma atau kemitraaan dengan warga Desa Kinipan. 4). Pihak PT. SML wajib melaksanakan ritual adat perdamaian dengan warga Desa Kinipan.

5). Pihak PT. SML wajib Menjalankan program CSR dengan warga Desa Kinipan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang Undangan yang berlaku  dan 6). Semua hasil kesepakatan ini wajib memiliki legalitas dan di saksikan di hadapan petugas Akta Notaris.

Ketua Før Dayak Kalteng Bambang Irawan menegaskan bahwa pihak saat ini sedang mendampingi untuk penyelesaian persoalan antara warga Desa Kinipan dengan pihak PT. SML .

For Dayak Kalteng sekali lagi menegaskan sangat berkeinginan polemik ini segera ada jalan keluarnya. Kehadiran For Dayak sekali lagi mendampingi penyelesaian persoalan pertanahan ini.

“For Dayak Kalteng, sangat yakin sekali jika kedua belah pihak bertemu dan sama berbicara pasti akan ada solusi yang terbaik dari persoalan selama tiga tahun terakhir ini,” ucap Bambang menegaskan.

Bambang juga meminta kepada pihak Pemerintah Provinsi Kalteng dan Pemerintah Kabupaten Lamandau turut serta pasti akan ada jalan terbaik atas semua persoalan ini.

Lebih jauh Bambang mengatakan, tadi kami juga sudah sampaikan ke pa Wakil Gubernur berkas tuntutan kami dan sekali lagi kami sangat meyakini Pemprov Kalteng akan bersikap arif dan bijaksana dalam mencarikan jalan keluar dari persoalan ini.

“For Dayak Kalteng ingin sekali persoalan ini tidak berlarut larut sebab jika berlarut takutnya akan ada pihak pihak yang tidak bertanggungjawab memanfaatkan situasi ini. Apa lagi tahun ini tahun politik,” pungkas Bambang Rabu (5/2/2020). #liputansbm

Penulis : Yohanes Eka Irawanto, SE

Pencarian Terkait

Tinggalkan pesan "Apa Saja Enam Isi Tuntutan Desa Kinipan Dengan PT. SML"