Kesbangpol Laksanakan Rakor Jajaran Kabupaten/Kota Se-Kalteng Tahun 2020

Liputan SBM, Palangka Raya – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) Jajaran Kabupaten/Kota Se-Kalteng Tahun 2020, Rabu (11/03/2020).

Rakor yang dilaksanakan di Aula Kantor Kesbangpol Provinsi Kalteng Jalan Willem A. Samad ini dihadiri puluhan jajaran Kesbangpol Kabupaten/Kota se-Kalteng.

Dalam sambutannya pada Rakor tersebut Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalteng Fahrizal Fitri S. Hut,. M.P yang di bacakan oleh Kepala Badan (Kaban) Kesbangpol Prov. Kalteng Agus Pramono S. Sos. mengatakan, melalui rakor ini diharapkan agar dapat lebih mendorong kita semua untuk dapat meningkatkan peran, fungsi
dan kinerja kita dalam urusan Pemerintah Umum agar tercipta situasi Kalimantan Tengah yang damai ,aman dan kondusif menuju Kalimantan Tengah BERKAH,” ucap Agus.

Rapat Koordinasi ini diawali dengan
dilaksanakan kegiatan Pra-Rakor yang kemudian dilanjutkan dengan Rakor Badan Kesbabgpol Kabupaten/Kota se-Kalteng Tahun 2020 yang difokuskan untuk membahas, memantapkan serta mensinkronisikan berbagai program dan kegiatan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah.

Khususnya untuk lebih mempertajam dan menyelaraskan program dan kegiatan dengan Permendagri Nomor 90 Tahun 2019 dan menjaga kondusifitas daerah dalam rangka mensukseskan penyelenggaraan Pilkada tanggal 20 September 2020 di Prov. Kalteng.

Permendagri Nomor 90 tahun 2020 tentang klasifikasi, kodefikasi, dan nomenklatur perencanaan pembangunan dan keuangan daerah, diterbitkan untuk mengintegrasikan dan menyelaraskan perencanaan pembangunan dan keuangan daerah guna mendukung sistem informasi pemerintahan daerah.

Diharapkan dapat berkontribusi secara langsung dalam mengintegrasikan dan menyelaraskan proses pelayan publik pemerintah daeraht erkait
perencanaan pembangunan dan keuangan daerah.

Secara teknis pelaksanaan pemilu yang
bertanggungjawab secara formal adalah penyelenggara pemilu itu sendiri yaitu KPU dan Bawaslu.

Pemerintah dan Pemda (Provinsi dan Kabupaten Kota) mempunyai fungsi fasilitator untuk mendukung penyelenggaraan Pilkada Tahun 2020 sesuai dengan ketentuan yang berlaku penyelenggaraan sosialisasi, pendidikan politik dan monitoring evaluasi berbagai situasi politik serta melaporkannya secara berjenjang kepada pemerintah pusat melalui jalur koordinasi dengan instansi lainnya terkait penyelenggaraan Pilkada tersebut.

Persoalan-persoalan yang muncul akhir akhir ini adalah adanya bahaya disintegrasi yang disebabkan praktek money politic, ujaran kebencian, berita hoax dan isu SARA yang dapat memecahbelah persatuan dan kesatuan bangsa yang berpotensi menimbulkan berbagai masalah yang dapat meresahkan dan merusak budaya
demokrasi yang selama ini telah berkembang dengan baik di Indonesia oleh karena itu, melalui kesempatan ini saya sangat mengharapkan dan
menghimbau agar jangan mudah terpancing berbagai berita maupun isu -isu yang tidak jelas.

“Hendaknya kita semua dapat menyaring berbagai informasi yang masuk secara bijaksana jangan justru kita ikut menyebarkan berita-berita yang tidak jelas,” tambahnya.

Kepada ASN, agar selalu
menjaga netralitasnya ditahun politik ini, marikita bersama-sama membangun negeri yang kita cintai ini dengan berbagai inovasi, kreativitas dan kinerja.

“Rakor jajaran Badan Kesbangpol Provinsi Kabupaten/Kota se-Kalteng ini diharapkan dapat mewujudkan koordinasi, sinkronisasi serta sinergitas yang baik dari semua pihak dalam sebuah rumusan Program Kegiatan berdasarkan Permendagri Nomor 90 Tahun 2019 untuk menciptakan kesejukan, kerukunan, persatuan yang harmonis,” demikian sambutatan Sekda Kalteng Fahrizal Fitri yang dibacakan oleh Kaban Kesbangpol Provinsi Kalteng Agus Pramono sekaligus membuka secara resmi rakor tersebut. #liputansbm.

Penulis : Antonius Sepriyono
Editor  : Yohanes Eka Irawanto, SE

Pencarian Terkait

Tinggalkan pesan "Kesbangpol Laksanakan Rakor Jajaran Kabupaten/Kota Se-Kalteng Tahun 2020"