Ini Pesan Gubernur Kalteng Tentang Covid-19 Saat Mengadakan Konferensi Pers

Liputan SBM, Palangka Raya – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Prov. Kalteng melaksanakan Konferensi Pers terkait Virus Corona (COVID-19), Sabtu sore (14/03/2020).

Konferensi pers COVID-19 yang dilaksanakan di Aula Isen Mulang Rumah Jabatan Gubernur Kalteng ini dihadiri oleh, Walikota Palangka Raya Fairid Naparin, Sekretaris Daerah (Sekda) Kalteng Fahrizal Fitri, Direktur RSUD dr. Doris Sylvanus drg. Yayu Indrianty serta Kepala Perangkat Daerah lainnya diruang lingkup Pemprov Kalteng.

Banyaknya korban yang disebabkan oleh COVID-19 ini tentunya menjadi perhatian dari bebagai pihak belahan dunia, Pemprov Kalteng tentunya juga tak ingin didaerahnya banyak korban berjatuhan akibat virus tersebut, langkah antisipasi sudah jauh hari Pemprov Kalteng lakukan guna mencegah virus tersebut.

Dalam Konferensi Pers tentang COVID-19 Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran mengajak masyarakat Kalteng khusunya yang berada di Kota Cantik Palangka Raya agar selalu menerapkan pola hidup bersih dan sehat guna mencegah berbagai macam penyakit.

Melalui Surat Edaran Gubernur Kalteng Nomor 443.2/20/BU yang tak lain isinya adalah mencegah, meningkatkan kewaspadaan dan mengatisipasi penyebaran COVID-19 di Kalteng yang bertuliskan :

  1. Menjaga ketenangan, ketertiban dan tidak panik serta tidak melakukan pembelian bahan pokok secara berlebihan yang dapat menyebabkan kelangkaan barang
  2. Membiasakan pola hidup sehat dan bersih, seperti mencuci tangan dengan secara rutin menggunakan disinfektan/sabun, rajin berolahraga dan lain lain
  3. Mengurangi kontak fisik dengan orang atau benda yang dapat menyebabkan penularan virus
  4. Menghindari kerumunan masa
  5. Mengijinkan pegawai, karyawan dan anak sekolah yang sakit ISPA tidak masuk sekolah atau kerja berdasarkan surat keterangan dokter.
  6. Membersihkan tempat kerja dan berkoordinasi dengan Dinkes setempat
  7. Tidak menimbun kebutuhan pokok
  8. Menutup tempat hiburan malam untuk sementara waktu
  9. Bagi Hotel dan penginapan agar menyediakan cairan pembersih tangan dan melakukan pengukuran suhu tubuh pengunjung
  10. Segera memeriksakan diri ke Puskesmas/RS terdekat jika terdapat gejala batuk dan demam disertai sesak nafas atau riwayat perjalanan/kontak dengan orang dari daerah terjangkit.

Menghimbau para tokoh Agama untuk mengajak dan mensosialisasikan himbauan kepada umatnya masing-masing melalui tempat ibadah dan majelis kegiatan keagamaan.

“Pemerintah Provinsi Kalteng sudah menyiapkan 3 (tiga) RS rujukan COVID-19 yaitu RSUD dr. Doris Sylvanus, RSUD dr. Murjani Sampit dan RSUD Sultan Imanudin Pangkalan Bun,” pungkas Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran saat membacakan Surat edaran bernomor 443.2/20/BU. #liputansbm





Penulis : Yohanes Eka Irawanto, SE

Pencarian Terkait

Tinggalkan pesan "Ini Pesan Gubernur Kalteng Tentang Covid-19 Saat Mengadakan Konferensi Pers"