JEJAK TRAGIS PELADANG DENGAN LAHAN 50 x 70 M2 DITUNTUT JAKSA 3 TAHUN PIDANA PENJARA & DENDA 3 MILYAR RUPIAH (Subs.1 Bulan) Bagian Ke Enam

Liputan SBM, Muara Teweh – Proses persidangan hingga kini masih terus bergulir terkait peladang yang membakar lahan pada tahun 2019 yang lalu. Kasus menariknya adalah tuntutan 3 tahun pidana penjara dan denda 3 miliar rupiah subsider 1 bulan saat ini sedang membelit terdakwa Saprudin Als.Sapur Bin Marwani (alm).

Jaminan yang pernah dinyatakan diberbagai media oleh pejabat baik itu Gubernur dan juga para Bupati di Kalteng ternyata hanya live servis semata agar terlihat peduli terhadap nasib rakyat kecil.

Pernyataan para anggota DPR RI utusan Kalteng sekali pun tetap tidak bisa menghentikan sama sekali persidangan demi persidangan para peladang ini.

Ketua ketua lembaga, aksi turun ke jalan beberapa waktu lalu tidak mampu menghentikan proses persidangan yang terus berjalan dipersidangan sejak awal tahun 2020 ini.

Kordinator Aksi Solidaritas Peladang Dayak Kalimantan Tengah Pdt. Bobo Wanto Viktor Badak menjelaskan bahwa terkait penyataan kesaksian para Penyidik Anggota Polres Murung Raya yang menangani perkara kebakaran lahan ini yang menyatakan istilah mengira-ngira lahan yang terbakar bahkan tidak pernah mengukur lahan yang terbakar milik terdakwa Saprudin terkesan sangat tidak professional sebagai Anggota POLRI.

Pdt. Bobo justru menanyakan tentang 20 Pekara Kebakaran Lahan & Hutan yang dilakukan oleh Perusahaan di Kalteng kenapa tidak ada kabar beritanya dan tidak kelanjutannya, beliau juga sangat menyayangkan tindakan personal Anggota POLRI Kalteng yang ternyata benar-benar melakukan tindakan kriminalisasi terhadap para peladang Dayak Kalimantan Tengah.

“Melihat dari proses persidangan yang ada terkesan adanya kriminalisasi terhadap para peladang kita di Kalteng,” pungkas Pdt. Bobo kepada awak media ini. #liputansbm


Nantikan lanjutan berita nya

Penulis : Yohanes Eka Irawanto, SE

Pencarian Terkait

Tinggalkan pesan "JEJAK TRAGIS PELADANG DENGAN LAHAN 50 x 70 M2 DITUNTUT JAKSA 3 TAHUN PIDANA PENJARA & DENDA 3 MILYAR RUPIAH (Subs.1 Bulan) Bagian Ke Enam"