Gunakan Dana Desa Untuk Buat Sumur Bor

Tidak ada komentar 164 views

Liputan SBM, Palangka Raya – Kecamatan Sematu Jaya Kabupaten Lamandau Provinsi Kalimantan Tengah terdiri dari 8 (delapan) Desa yaitu Purwareja, Bina Bhakti, Tri Tunggal, Wonorejo, Jangkar Prima, Mekar Mulya, Batu Hambawang dan Rimba Jaya.

Dalam kurun beberapa waktu ini ketika musim kemarau tiba dari delapan desa ini enam desa di antaranya akan kesulitan mendapatkan pasokan air bersih layak konsumsi dikarenakan warga enam desa masih menggunakan sumur galian.

Enam desa yang kekurangan pasokan air bersih dan layak konsumsi pada saat musim kemarau tiba itu diantaranya, Desa Purwareja, Bina Bhakti, Tri Tunggal, Wonorejo, Jangkar Prima dan Desa Mekar Mulya.

Wakil Ketua DPRD Lamandau, Vatrean Esaie, mengatakan untuk mengatasi kekurangan pasokan air bersih dan layak konsumsi ini sudah pernah di lontarkan dalam reses dewan beberapa waktu yang lalu solusi nya adalah sumur galian yang ada di gantikan dengan sumur bor.

Untuk pengantian sumur galian yang ada saat ini dengan sumur bor tentunya bisa menggunakan dana desa yang ada dalam setiap tahunnya.

“Solusinya ganti saja sumur galian yang ada saat ini dengan sumur bor dimana dana desa bisa di manfaatkan untuk pembiayaan pembuatan sumur bor,” tegas yessi panggilan akrab Vatrean Esaie kader Partai Gerindra ini.

Hal senada juga dikatakan oleh Bakar Sutomo Anggota DPRD Lamandau dari Partai Gerindra bahwa solusinya cuma sumur galian warga di ganti saja dengan sumur bor.

Lebih detail Bakar Menjelaskan, untuk sumur bor tentunya satu titik bisa digunakan untuk 5 rumah atau lebih lah. Sembari Dana Desa digunakan untuk hal pembuatan sumur bor, di sarankan juga aparatur desa mendorong dalam setiap musrebang desa dan kecamatan untuk mengusulkan program pembuatan sumur bor ini kepada Bupati Lamandau sehingga bisa menjadi skala prioritas program Kabupaten juga di tahun tahun mendatang.

Selanjutnya Unit PDAM yan ada di Desa Batu Hambawang juga bisa terus di maksimalkan pemanfaatnnya di tahun selanjutnya. Sementara itu kami berdua akan terus mendorong program program untuk kepentingan masyarakat.

“Sebagai Wakil Rakyat kami akan terus mendorong program program untuk kepentingan masyarakat,” pungkas Bakar Sutomo di amini oleh Vatrean Esaie rekan nya satu partai. #liputansbm

Penulis : Yohanes Eka Irawanto, SE

Pencarian Terkait

Tinggalkan pesan "Gunakan Dana Desa Untuk Buat Sumur Bor"