Dua Orang Positif Covid 19, Status Kalteng Jadi Tanggap Darurat


Liputan SBM, Palangka Raya – Mengenai dua orang yang telah dinyatakan positif mengidap Covid-19, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kalteng itu sudah diisolasi ke RSUD Doris Sylvanus Kota Palangka Raya. Dua orang laki laki ini memiliki kode Pasien nomor 14 dan nomor 15.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 atau virus corona Kalimantan Tengah Leonard S Ampung, menyatakan bahwa pihaknya telah menaikkan status provinsi ini dari siaga darurat menjadi tanggap darurat virus corona, pasca adanya dua orang warga setempat dinyatakan positifnya terkena virus corona.

“Status tanggap darurat virus corona itu diberlakukan mulai sekarang,” tegas Leonard usai rapat dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kalteng di komplek perkantoran Gubernur Kalteng, Jumat sore (20/3/2020).

Leo menambahkan, Kedua orang tersebut pun memiliki riwayat kontak ataupun perjalan ke luar daerah, yakni pulang menunaikan ibadah umrah dan satu pasien lagi memiliki riwayat perjalan dari Kabupaten Pemalang Jawa Tengah dan Jakarta.

Leo membenarkan pasien nomor 15 sempat dipulangkan karena berdasarkan konfirmasi pertama menyebutkan hasil pemeriksaan pertama yang bersangkutan dinyatakan negatif Covid-19. Namun setelah dilakukan konfirmasi kedua, ternyata didapatkan bahwa hasilnya yang bersangkutan dinyatakan positif.

“Memang sempat dua hari (dipulangkan, Red). Tapi, setelah konfirmasi kedua menyatakan positif, maka langsung di jemput ke kediaman yang bersangkutan untuk selanjutnya diisolasi,” pungkas pria yang menjabat Kadis Perkimtan Kalteng.

Data terakhir terkait dengan Covid 19 adalah sebagai berikut, Jumat, 20 MARET 2020 Pukul 15.00 WIBI. JUMLAH ODP DAN PDP SE KALIMANTAN TENGAH

A. Jumlah Orang Dengan Pemantauan (ODP) Sampai saat ini = 130 orang. Yang terbanyak ODP adalah Kabupaten Kotawaringin Timur 33 orang
B. Pada hari ini tanggal 20 Maret 2020 ditetapkan Status Tanggap Darurat Pandemi COVID-19 di Wilayah Provinsi Kalimantan Tengah
C. Jumlah Pasien Dengan Pengawasan (PDP) Total kasus sebanyak = 29 orang dengan progress sebagai berikut :
 Hasil negative COVID 19 = 10 orang Hasil positive COVID 19 = 2 orang Menunggu hasil laboratorium = 17 orang
D. Distribusi PDP yang masih mendapatkan perawatan menurut Kabupaten/Kota Se Kalteng adalah, 
1. Palangka Raya (RSDS) 24 Orang 2. Kotawaringin Timur 0 Orang 3. Kotawaringin Barat (RSSI) 5 Orang
E. PDP berasal dari Kabupaten/Kota :
1. Kota Palangka Raya 21 Orang 2. Kotawaringin Barat 3 Orang 3. Sukamara 1 Orang 4. Lamandau 1 Orang 5. Seruyan 1 Orang 6. Barito Selatan 1 Orang 7. Barito Utara 1 Orang. #liputansbm

Penulis : Yohanes Eka Irawanto, SE

Pencarian Terkait

Tinggalkan pesan "Dua Orang Positif Covid 19, Status Kalteng Jadi Tanggap Darurat"