Ini Kata Polsek Banting Cegah Penyebaran Virus Corona

Liputan SBM, Pulang Pisau – Maklumat Kapolri Nomor Mak/2/III/2020 Tentang Kepatuhan Terhadap Kebijakan Pemerintah dalam Penanganan Penyebaran Virus Corona 19, tentunya menjadi kewajiban seluruh anggota Polri dimana pun bertugas untuk mensosialisasikannya dengan kerja nyata.

Dimana setiap anggota Polri wajib turut berpartisipasi memutus mata rantai penyebaran virus corona dengan bersama masyarakat bisa bersinergis dalam upaya pencegahan virus corona ini.

Kapolsek Banama Tingang (Banting) Kabupaten Pulang Pisau Provinsi Kalteng, Ipda Ivan Danara Oktavian, S.Tr.K mengatakan, Karena hal tersebut, masyarakat diimbau untuk waspada pada virus corona dengan memakai masker, cuci tangan, dan pembatasan sosial, serta menghindari kontak fisik. Saat ini semua orang wajib mengenakan masker, minimal berbahan kain untuk pencegahan penularan Covid-19 ini.

“Ada beberapa jenis masker, untuk masyarakat minimal masker kain. Karena masker medis dan N95 itu saat ini sangat dibutuhkan oleh tenaga medis. Agar tidak terjadi kelangkaan sebaiknya masyarakat umum pakai masker kain,” tutur Ipda Ivan penuh senyum.

Selain itu, kata Kapolsek, penerapan Physical Distancing juga sangat diperlukan pada kehidupan sehari-hari dengan membatasi kontak fisik seperti berjabat tangan dengan keluarga, teman, dan orang-orang lingkungan sekitar rumah.

“Virus corona ini penularannya dengan droplet (cipratan) yang bisa menempel di permukaan benda, bahkan kulit. Sehingga kontak fisik perlu dihindari agar tidak terjadi penularan,” tutur Ipda Ivan.

Bagi masyarakat yang memang harus ke luar rumah atau tetap bekerja, pencegahan dari kesadaran diri sendiri perlu dilakukan dengan memakai masker, cuci tangan, dan menghindari kontak fisik tersebut.

Ipda Ivan pun menjelaskan, cuci tangan yang benar haruslah rutin dan wajib memakai sabun dan air mengalir, tetapi jika tidak bisa mengakses hal tersebut, bisa memakai hand sanitizer.

“Saat keluar baik bekerja atau membeli kebutuhan pokok, hindari kontak fisik dengan orang lain. Bahkan dengan sesama teman kerja. Jika tidak bisa mengakses air mengalir dan sabun, bawalah hand sanitizer,” papar Ipda Ivan.

Kemudian, ketika pulang ke rumah, Kapolsek mengatakan, setiap orang bisa saja membawa virus corona atau pun hal lainnya yang menempel pada pakaian yang dikenakan sehingga harus dibuka di luar rumah.

“Buka jaket, sepatu di luar rumah, kemudian masuk ke kamar mandi lepas pakaian dan membersihkan badan dan cuci pakaian yang dikenakan sebelumnya. Karena virus ini bisa hilang dengan sabun dan detergent,” jelas Ipda Ivan.

Ipda Ivan menambahkan, pada kasus Covid-19 ada yang bergejala dan tidak bergejala. Masyarakat perlu tahu penanganan apa yang harus dilakukan terutama jika mengalami gejala berkaitan dengan virus corona.

“Gejala berat akan langsung ditangani atau isolasi di RS (Rumah Sakit), tetapi ada yang tanpa gejala atau gejala ringan dianjurkan isolasi diri di rumah saja. Karena kapasitas RS itu terbatas,” tandas Ipda Ivan mengakhiri obrolannya melalui via telepon selulernya pada Sabtu (11/4/2020).

Dari data laporan Polsek Banama Tingang dan informasi yang di dapatkan oleh wartawan media ini jika penyemprotan massal cairan disinfektan juga sudah dilaksanakan di setiap desa, fasilitas umum, pemukiman warga dan lokasi lainnya.

Kegiatan penyemprotan massal cairan disinfektan juga sudah dilakukan yang mana bersinergis antara Polsek, Koramil, Kecamatan, Puskesmas dan juga Aparatur Pemerintahan Desa serta masyarakat setiap desanya. #liputansbm

Penulis :Yohanes Eka Irawanto, SE

Pencarian Terkait

Tinggalkan pesan "Ini Kata Polsek Banting Cegah Penyebaran Virus Corona"