Terbitkan Telegram, Kapolri Perintahkan Jajaran Gelar Baksos Serentak Jelang Puasa

Liputan SBM, Jakarta – Sebagai wujud nyata kepedulian terhadap masyarakat yang terdampak Coronavirus Disease (Covid-19), Kapolri memerintahkan jajaranya untuk menggelar bhakti sosial serentak berupa pembagian kebutuhan pokok atau sembako.

Melalui Surat Telegram (TR) Kapolri bernomor ST/1205/IV/KEP./2020, ini ditandatangai oleh Asisten Sumber Daya Manusia (ASDM) atas nama Kapolri Irjen Eko Indra Heri, yang diterima redaksi, Kamis (16/4)

Kegiatan ini bertemakan “Gerakan Bhakti Sosial Polri Peduli Covid-19” dan memerintahkan seluruh Kepala Satuan Kerja (Kasatker) dan Kepala Satuan Wilayah (Kasatwil) untuk melaksanakanya serentak pada Selasa 21 April 2020.

Adapun sumber pembiayaan bhakti sosial ini bersifat sukarela yang berasal dari sumbangan anggota Polri yang tidak mengikat, tidak memotong gaji dan tidak mengambil dari anggaran DIPA maupun. Kemudian dari para dermawan ataupun perusahaan melalui Corporate Sosial Responsibilty (CSR).

Sasaran bhakti sosial ini ialah, anak yatim piatu, fakir miskin, pekerja tidak tetap yang terdiri dari buruh, pemulung, tukang becak, ojek pangkalan, ojek online dan korban PHK serta keluarga Polri yang terdampak langsung Covid-19.

Namun Idham juga memerintahkan dalam situasi pandemik Covid-19 ini, kegiatan baksos tetap mempedomani protokol kesehatan dan penerapan phsycal distancing. Dimana penentuan pemberian baksos dilakukan secara terkoordinir, sehingga tidak terjadi pemberian bantuan di tempat yang sama antara Polda dan Polres serta penerima ganda.

“Penyerahan bantuan dilaksanakan secara langsung kepada yang berhak secara door to door untuk menghindari kerumunan massa,” bunyi perintah dalam telegram itu.

Dalam pelaksanaan baksos ini diharapkan tokoh agama, masyarakat dan Forkompimda terlibat. Dan baksos bersifat himbauan atau tidak wajib karena disesuaikan dengan kemampuan dan situasi kondisi masing-masing Satker dan Satwil jajaran. (Redaksi) liputansbm

Pencarian Terkait

Tinggalkan pesan "Terbitkan Telegram, Kapolri Perintahkan Jajaran Gelar Baksos Serentak Jelang Puasa"