Gubernur Kalteng Food Estate Bukan Hanya Pertanian - Liputan Sbm

Nusantara Baru Indonesia Maju

Nusantara Baru Indonesia Maju

09 March 2021

Gubernur Kalteng Food Estate Bukan Hanya Pertanian




Kalteng - Gubernur Kalimantan Tengah H Sugianto Sabran saat melakukan peninjauan lokasi pengembangan Food Estate yang terletak di Desa Bentuk Jaya, Kecamatan Dadahup, Kabupaten Kapuas mengatakan terdapat 21.000 Hektare (Ha) lahan yang sudah siap digarap untuk dijadikan kawasan pengembangan Food Estate. Minggu (07/03/2021). 


“Di Desa Bentuk Jaya, Kecamatan Dadahup ini ada sekitar 21.000 Ha lahan yang sudah siap untuk digarap dan dijadikan Daerah Food Estate ataupun pertanian secara luas termasuk hortikultura, peternakan dan perikanan”, ucap H. Sugianto Sabran  


Diketahui, lokasi peninjauan di daerah ini merupakan lokasi existing (lokasi yang sudah ada) dan diberdaya kembali. 


Pada kesempatan tersebut, Gubernur juga melakukan peninjauan normalisasi saluran primer, sekunder dan tersier yang sudah dikerjakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. 


H Sugianto Sabran berharap di Tahun 2021 ini, simpangan lokasi pengembangan Food Estate di Desa Bentuk Jaya ini sudah bisa selesai pemasangan tanggulnya sehingga kedepannya saat curah hujan tinggi masalah banjir dapat teratasi. 


Gubernur juga mengatakan bahwa telah mengusulkan kepada Pemerintah Pusat terkait peternakan, perikanan dan pertanian. Sugianto menginginkan, Food Estate Kalteng tidak hanya di Bidang Pertanian tetapi juga termasuk peternakan dan perikanan. 


“Kita mengusulkan kepada Pemerintah Pusat terkait peternakan, dan kepada Kementerian KKP kita mengusulkan Udang Paname. Prospeknya bagus di beberapa Kabupaten yang ada di Kalteng. Semua mendukung Food estate mulai dari pertanian, peternakan, perikanan juga”, katanya lagi. 


Gubernur juga meminta masyarakat Kalteng menyambut Kebijakan Pemerintah Pusat dengan optimis. “Jadi yang berbeda itu hal biasa. Kita harus menyatu bahu membahu”, pungkasnya. #liputansbm


Sumber : MMC Kalteng


Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda