Gubernur Kalteng hadiri Apel Siaga, Gelar Pasukan Pencegahan, dan Penanganan Karhutla - Liputan Sbm

Nusantara Baru Indonesia Maju

Nusantara Baru Indonesia Maju

01 April 2021

Gubernur Kalteng hadiri Apel Siaga, Gelar Pasukan Pencegahan, dan Penanganan Karhutla



Kalteng - Apel siaga dan gelar pasukan untuk Pencegahan dan Penanganan Kebakaran Lahan Dan Hutan (Karhutla) yang diinisiasi oleh Polda kalteng ini dihadiri langsung oleh Gubernur Kalimantan Tengah H Sugianto Sabran, acara ini dilaksanakan di halaman Polda Kalteng jalan Tjilik Riwut, Rabu 31/03/2021.


Peserta Apel gelar pasukan terdiri dari TNI, Polri, Pol PP, BPBD dan Pemadam Kebakaran (Damkar). Apel gelar pasukan juga dihadiri oleh Dankor Brimob Polri Irjen Pol Anang Revandoko melaksanakan asistensi dan supervisi penanganan karhutla Polda Kalteng di wilayah Kalteng serta Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo dan Danrem 102 Panju Panjung Brigjen TNI Purwo Sudaryanto.


Gubernur juga memberikan apresiasi dengan asistensi yang dilaksanakan Dankor Brimob serta kesiapan personel TNI/Polri, serta BPBD, Pol PP, dan Damkar, dalam upaya melakukan pencegahan dan penanganan Karhutla di wilayah Kalteng.


"Terimakasih Pak Dankor Brimob, Kapolda, Danrem, dan seluruh personil, yang melaksanakan asistensi dan supervisi hingga kesiapsiagaan dalam upaya pencegahan dan penanganan karhutla di wilayah Kalteng”, ucapnya.


Sugianto sabran juga meyakini dengan terus melakukan sosialisasi dan edukasi, dapat membantu bersama sama agar Kalteng terhindar dari bencana karhutla dan asap.


Sementara itu, Dankor Brimob Polri Irjen Pol Anang Revandoko menyampaikan bahwa Polda Kalteng, sudah siap dalam melakukan upaya-upaya pencegahan dan penanganan karhutla.


"Kita melihat Polda Kalteng, sudah siap dalam melakukan upaya-upaya pencegahan dan penanganan ”, ucap Irjen Pol Anang Revandoko.


Lebih lanjut Irjen Pol Anang Revandoko mengatakan bahwa mereka bersama Korem dan seluruh jajaran apakah itu Pemprov, Pemkab/Pemkot, Damkar sudah melakukan berbagai kesiapan untuk penanganan dan pencegahan karhutla ini, apakah itu sarana prasarana dari kendaraan dan juga alat.


"Bersama dengan Korem, jajaran Pemprov, Pemkab/Pemkot, Damkar, melakukan berbagai edukasi dan kesiapan penanganan dan pencegahan karhutla. Nantinya hal ini juga disiapkan dan terus ditingkatkan agar dapat melakukan penanganan dan pencegahan sejak dini, menggunakan sarana prasarana kendaraan dan alat dari Polda, Korem, Pemprov, Damkar dan lainya,” tambahnya


Irjen Pol Anang Revandoko juga menyampaikan, kesolidan dan kekompakan seluruh personil dalam upaya pencegahan dan penanganan menjadi acuan sehingga dapat mendeteksi awal dan menangani secara cepat agar tidak menyebar luas atau upaya pencegahan awal.


"Mulai dari patroli, edukasi dan sosialisasi mengenai karhutla hingga cepat menangani, diyakini dapat mencegah terjadinya karhutla, ditambah dengan upaya masif mendekati masyarakat untuk bersama sama mencegah karhutla,” pungkasnya. 


Usai mengikuti Apel gelar pasukan, Dankor Brimob Polri, bersama Gubernur Kalteng, Kapolda Kalteng, Danrem 102/PJG melihat kondisi peralatan pemadam seperti alat pendeteksi, dron, mobil water canon, helikopter, speedboat, sampai mobil mini penanganan karhutla. #liputansbm


Sumber : MMC Kalteng


Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda