Ingin Buka Gerai Indomaret, Ini Caranya? - Liputan Sbm

Nusantara Baru Indonesia Maju

Nusantara Baru Indonesia Maju

02 November 2021

Ingin Buka Gerai Indomaret, Ini Caranya?




Jepara - Salah satu minimarket yang sudah sangat familiar bagi masyarakat adalah Indomaret. Indomaret adalah jaringan minimarket waralaba di Indonesia. Mini market ini menyediakan berbagai macam kebutuhan pokok dan kebutuhan sehari-hari. Selasa, 02/11/2021.


Indomaret sangat mudah ditemukan di daerah perumahan, gedung perkantoran dan fasilitas umum karena penempatan lokasi gerai didasarkan pada motto “mudah dan hemat”. 


Saat ini Merek mini market Indomaret dipegang oleh PT. Indomarco Prismatama. Kini gerai Indomaret telah mencapai lebih dari 7.868 di wilayah Jawa, Madura, Bali, Sumatera dan Sulawesi yang 40% terdiri dari gerai milik terwaralaba dan 60% milik PT. Indomarco Prismatama. Barang dagangan sebagian besar didapat dari 17 pusat distribusi Indomaret yang menyediakan lebih dari 4.800 jenis produk. Dikutip dari laman resmi  indomaret.co.id Senin (02/11/)


Di tengah masih mewabahnya pandemi Covid-19, salah satu bisnis yang masih menjanjikan adalah bisnis retail khususnya minimarket.


Hal ini mungkin didorong perubahan pola konsumsi masyarakat yang lebih memilih belanja di minimarket terdekat dari pada supermarket demi menghindari kerumunan.


Bila punya keinginan untuk menjalankan bisnis minimarket, terutama Indomaret. Indomaret telah menerapkan pola kemitraan sejak 1997. Berbekal pengalaman yang panjang itu, Indomaret bisa menjadi salah satu opsi berbisnis minimarket. Untuk estimasi total biaya franchise Indomaret mencapai Rp. 394 juta.


Biaya itu terdiri atas biaya franchise selama 5 tahun sebesar Rp. 36 juta, promosi dan persiapan persiapan pembukaan toko Rp. 9,5 juta. Selain itu, biaya franchise digunakan untuk renovasi dan tambah daya listrik Rp. 170,5 juta dan peralatan elektronik dan nonelektronik senilai Rp. 178 juta.


Namun biaya itu belum belum termasuk dengan biaya sewa bangunan. Biaya estimasi renovasi tersebut merupakan bangunan ruko, dan apabila tempat yang akan ditempati sebagai gerai bukan ruko, maka ada penyesuaian biaya renovasi.


Prospek bisnis minimarket ini juga semakin cerah jika lokasinya strategis. Bila punya minat atau keinginan, ada sejumlah tahapan dalam pembukaan gerai baru Indomaret yang perlu diketahui seperti dikutip dari indomaret.co.id 


  1. Sudah memiliki calon lokasi;

  2. Presentasi awal;

  3. Survei tempat usaha (ruang usaha/ruko/kios);

  4. Pengukuran dan evaluasi KKI;

  5. Pengurusan izin usaha minimarket;

  6. Pembangunan fisik/renovasi;

  7. Pembukaan gerai;


Selain itu, bisa juga melakukan pengalihan kepemilikan gerai Indomaret yang sudah beroperasi. Adapun untuk biaya estimasi investasi gerai take over mulai dari Rp. 700 juta, dengan sudah termasuk sewa bangunan selama 5 tahun.


Sedikitnya ada lima syarat yang harus dipenuhi untuk bisa terjun di bisnis waralaba Indomaret. Lima syarat tersebut adalah :


  1. Warga negara Indonesia;

  2. Menyediakan lokasi toko di area komersial dengan luas ideal 120-200 meter persegi;

  3. Memiliki kelengkapan izin usaha minimarket meliputi IMB/IPB Ruko, UUG/HO, SIUP, TDP, IUTM/IUTS, STPW, NPWP, PKP, dan lainnya;

  4. Menyediakan dana investasi dengan nilai estimasi Rp 394 juta;

  5. Memiliki jiwa entrepreneur dan fokus pada sistem Waralaba Indomaret; #liputansbm


Pewarta : Puji S

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda