Bupati Jepara Bersama Pemdes Desa Sekuro Giat Grebek Sampah - Liputan Sbm

Nusantara Baru Indonesia Maju

Nusantara Baru Indonesia Maju

25 December 2021

Bupati Jepara Bersama Pemdes Desa Sekuro Giat Grebek Sampah



Jepara - Bupati Jepara Dian Kristiandi melaksanakan kegiatan Grebek Sampah bergotong royong bersama masyarakat dan Pemdes di Desa Sekuro Kecamatan Mlonggo Kabupaten Jepara Jawa Tengah pada Jum'at, (24/12). Sabtu, 25/12/2021.


Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Jepara yang telah memprakarsai kegiatan ini, sebagai aktualisasi langkah kerja bersama untuk peningkatan penanganan sampah di wilayah Kabupate Jepara. 


Kegiatan Grebek Sampah diikuti oleh  Kepala Dinas Lingkungan Hidup Farikha Elida, Camat Mlonggo Muh Taksin, SH, serta didampingi petinggi Sekuro Ali Shohib, S.Pd bersama - sama mendatangi rumah warga Desa Sekuro dalam rangka kegiatan Grebek Sampah.


Bupati Jepara Dian Kristiandi menegaskan "Gerakan Grebek Sampah bertujuan untuk mengedukasi masyarakat untuk memilah dan memilih sampah rumah tangga," tegas mas Andi sapaan akrab. 


"Kegiatan Grebek Sampah akan di sosialisasi kepada seluruh Desa Se-Kab Jepara. Kepada warga masyarakat di wilayah Kabupaten Jepara agar dapat meningkatkan kesadaran dan kepedulian bersama akan pengelolaan sampah. Sehingga semangat-semangat membuang sampah ditempat yang telah disediakan ini harus menjadi perhatian, menjadi hal yang harus dipegang erat-erat oleh warga masyarakat di Kabupaten Jepara."  tambah Mas Andi. 


Hari ini di pilih Desa Sekuro karena Fasilitas pengangkut sampah  yang dimiliki oleh Desa Sekuro sudah memamdai, ada motor roda 3 sebanyak 10 unit bantuan dari Kementerian Lingkungan Hidup. Dan agar dapat dimanfaatkan. 

 

Petinggi Desa Sekuro Ali Shohib mengatakan,  "bahwa Desa Sekuro telah memeliliki Bank sampah NOTO RESIK yang pengelolaanya ditangani oleh BumDes Desa Sekuro." kata Petinggi Sekuro. 


"Kita harapkan untuk tahun depan masyarakat sadar agar tidak membuang sampah sembarangan, serta dapat mengelola sampah dengan baik. Kami bertekad tahun depan Desa Sekuro akan bebas dari sampah dan dapat mengelola sampah dengan baik." imbuh Petinggi Sekuro. 


Sampah organik nanti diambil petugas desa dan sementara dibuang ke TPA, sedangkan anorganik bisa di setorkan ke Bank Sampah. 


Sementara itu, Kepala Dinas Lungkungan Hidup Elida mengatakan, "Kegiatan Grebek Sampah sudah di sosialisasi kepada seluruh Desa Se-Kab Jepara. Untuk mencapai tujuan dari gerakan ini, dirinya menyebut telah dilaksanakan beberapa kegiatan. Diantaranya, Sosialisasi di media sosial. Dinas Lingkungan Hidup akan memberikan pendampingan secara intensif di Desa sekuro agar program ini berjalan dengan baik." kata Elida. #liputansbm


Pewarta : Puji S

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda