Bupati Jepara Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Candi 2021 - Liputan Sbm

Nusantara Baru Indonesia Maju

Nusantara Baru Indonesia Maju

24 December 2021

Bupati Jepara Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Candi 2021



Jepara - Bupati Jepara Dian Kristiandi pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Candi 2021 atau pasukan pengamanan Natal dan Tahun Baru 2022. Apel dilaksanakan di Halaman Endra Dharmalaksana, Mapolres Jepara Jawa Tengah. Kamis (23/12/2021).


Operasi Lilin 2021, dilaksanakan selama 10 hari mulai tanggal 23 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022. Fokus pengamanan adalah tempat ibadah gereja,tempat wisata, pusat perbelanjaan, objek perayaan tahun baru, dan terminal.


Hadir dalam upacara Kapolres Jepara AKBP Warsono, Dandim 0719/Jepara Letkol Arh Tri Yudhi Herlambang, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Jepara Ayu Agung, dan jajaran Forkopimda lainnya. Sementara peserta apel, anggota TNI dan Polri, Satpol PP, Dinas Perhubungan, dan BPBD Jepara. 


Dalam kesempatan ini, Bupati Andi membacakan amanat Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo. Disampaikan jika Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2021, sebagai sarana untuk meningkatkan sinergitas dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman pada perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022. 


“Berdasarkan mapping kerawanan yang dilakukan, terdapat beberapa prediksi gangguan kamtibmas yang harus diantisipasi antara lain ancaman kelompok intoleran, radikalisme, terorisme, dan aksi-aksi kriminalitas,” kata Andi. 


Operasi Lilin Candi ini, kata Bupati,  harus dilaksanakan secara optimal. Kejahatan dan gangguan kamtibmas sekecil apapun harus segera dicegah dan diantisipasi. Ketika operasi ini berhasil, masyarakat dapat melaksanakan aktivitas ibadah Natal dan Tahun Baru dengan rasa aman, dan nyaman, baik dari gangguan kamtibmas maupun bahaya Covid-19. 


“Kerumunan masyarakat yang berpotensi menyebabkan penularan Covid-19, maupun ancaman bencana alam sebagai dampak musim penghujan juga harus menjadi perhatian,” jelasnya. 


Andi berharap untuk segera dilengkapi sarana dan prasarana di pos pengamanan (pospam), pos pelayanan seperti tempat isolasi sementara, gerai vaksinasi, hingga pos pelayanan kesehatan. 


“Laksanakan operasi ini dengan penuh rasa tanggung jawab dengan dukungan penuh masyarakat,” tandas Andi.  #liputansbm


Pewarta : Puji S

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda