PLN TJB Jepara Berhasil “Hattrick” Raih Penghargaan Proper Emas Berturut-turut - Liputan Sbm

Nusantara Baru Indonesia Maju

Nusantara Baru Indonesia Maju

29 December 2021

PLN TJB Jepara Berhasil “Hattrick” Raih Penghargaan Proper Emas Berturut-turut


Jepara - PT. PLN (Persero) melalui pilar Green  dalam transformasinya terus berkomitmen untuk mengelola pembangkit yang ramah lingkungan. Tahun ini, PT PLN menyabet 8 penghargaan Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan (Proper) Emas, diantaranya diperoleh melalui anak usahanya PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangkitan Tanjung Jati B (UIP TJB), yang berlokasi di Jepara, Jawa Tengah. Penghargaan diserahkan oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin pada Selasa (28/12) dan disaksikan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya di Istana Wakil Presiden Jakarta . Rabu,  29/12/2021.


Torehan prestasi yang diraih PT PLN (Persero) UIP TJB, tergolong istimewa. Pasalnya, anak usaha PLN ini mampu melakukan “hattrick” prestasi memperoleh penghargaan Proper Emas sebanyak tiga kali secara berturut-turut.


Proper Emas menjadi penghargaan tertinggi dari penilaian sebagai bukti upaya berkelanjutan perusahaan dalam bidang lingkungan, melakukan inovasi dalam aspek pemberdayaan sumber daya serta pengembangan dan pemberdayaan masyarakat, yang artinya perusahaan telah menerapkan pengelolaan lingkungan secara menyeluruh dan berkesinambungan.


PT PLN Tanjung Jati B, yang terletak di pesisir pantai utara Jawa, PLTU di Jepara ini merupakan salah satu backbone sistem kelistrikan Jawa Tengah. Dengan bahan bakar batubara, pembangkit listrik ini menghasilkan kapasitas listrik dengan daya 4x710 MW. Total kapasitas saat ini  menyumbang sekitar 12 persen dari total kebutuhan listrik Jawa-Bali dan merupakan salah satu dari obyek vital nasional.


PLTU Tanjung Jati B dinilai telah berhasil melakukan inovasi dengan mengoptimalisasi pemanfaatan fly ash dan bottom ash (FABA) serta pengurangan hingga 126 ribu m2 konsumsi air demin setiap tahun.


Selain itu, PLTU Tanjung Jati B juga telah melakukan pemberdayaan difabel melalui program Rumah Sahabat Difabel (Sadifa). Rumah Sadifa merupakan Rumah yang difasilitasi oleh PT PLN sebagai tempat berkumpul dan pemberdayaan Komunitas Sadifa Jepara.


Berbagai produk telah dihasilkan oleh Komunitas Sadifa Jepara, salah satunya sirup herbal. Namun saat pandemi, terjadi penurunan permintaan masyarakat terhadap produksi sehingga Komunitas Sadifa Jepara menemui kesulitan.


Proper Emas untuk PT PLN diraih oleh Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Tanjung Jati B Jepara yang dioperasikan oleh PT PLN. Selain itu PLTU Grati, PLTU Priok, Pembangkit Listrik Tenaga Diesel Gas (PLTDG) Pesanggaran, dan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Darajat yang dikelola oleh anak usaha PT PLN yaitu PT Indonesia Power. Proper Emas juga diraih PLTU Paiton, PLTU Rembang dan PLTU Gresik yang dioperasikan anak usaha PT PLN yaitu PT Pembangkitan Jawa Bali.


PT PLN hadir di tengah permasalahan untuk mencari jalan keluar. PT PLN memberikan berbagai pelatihan bagi mereka guna mengembangkan kreativitasnya. Kabar baik, kini mereka memproduksi masker ramah disabilitas dan memanfaatkan ampas jahe dari produksi sirup herbal menjadi hand sanitizer. Di tengah pandemi, produk tersebut mengalami lonjakan permintaan. Sehingga, secara ekonomi, anggota Komunitas Sadifa Jepara dapat terus tumbuh berkelanjutan.  #liputansbm


Pewarta : Puji S

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda