Dinsos Kalteng Laksanakan Kegiatan Penguatan Informasi dan Mitigasi Bencana - Liputan Sbm

Nusantara Baru Indonesia Maju

Nusantara Baru Indonesia Maju

22 August 2022

Dinsos Kalteng Laksanakan Kegiatan Penguatan Informasi dan Mitigasi Bencana




PALANGKA RAYA - Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) melaksanakan kegiatan Penguatan Informasi dan Mitigasi Bencana di Swiss-Belhotel Danum Palangka Raya, Senin (22/8/2022).

"Adapun tujuan dari Kegiatan pertemuan yang dimaksud diharapkan kiranya dapat terlaksana penguatan informasi secara maksimal, baik pada tingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota sesuai dengan Petunjuk Teknis maupun pedoman yang dikeluarkan oleh Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam," kata Plt. Kepala Dinsos Kalteng, Noor Halim ketika dibincangi oleh sejumlah media usai kegiatan tersebut.

Lebih lanjut dikatakan Noor Halim bahwa kegiatan tersebut juga dalam alam rangka penguatan informasi penanganan dan mitigasi bencana yang dikelola oleh Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Tengah melalui Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial dan dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan dan mitigasi masyarakat di lokasi rawan bencana serta mencetak dan meningkatkan kemampuan SDM Dinsos dalam pelaksanaan Perlindungan Sosial Korban Bencana.

"Sesuai dengan permintaan dari Direktur Kebencanaan, kita diminta untuk lebih waspada lagi terhadap bencana yang akan kita hadapi ke depan," ungkapnya.

Selain itu, Noor Halim juga menyampaikan supaya dari semua kabupaten agar bisa membentuk kampung siaga bencana dengan tujuan memperkuat kekompakan serta menjadi tim yang selalu siaga dalam menanggulangi bencana.

"Saya tegaskan kembali, kampung siaga bencana itu adalah masyarakat kita yang secara mandiri mau menjadi sukarelawan siaga bencana, dan yang nantinya mereka siap bertugas di lapangan untuk mengantisipasi segala bentuk bencana," tuturnya.

Noorhalim juga berharap disetiap kecamatan nantinya akan ada satu Kampung Siaga Bencana, bahkan diskala nasional harapanya ada disetiap desa.

"Saya berpesan kepada seluruh peserta, agar mengikuti kegiatan ini dengan baik dan penuh disiplin sehingga menambah ilmu pengetahuan dan berguna di kemudian hari. Saya juga berharap kepada seluruh peserta kegiatan untuk mentaati ketentuan dan peraturan yang berlaku," tegasnya.

Masih dilokasi yang sama, Ketua Panitia Kegiatan, Diah Purwati menyampaikan tujuan kegiatan Penguatan Informasi dan Mitigasi Bencana ini adalah menjadikan sebagai fasilitator yang menjebatani relawan sosial (TAGANA, KSB dan Pelopor Perdamaian) serta memperoleh kemampuan tentang dampak bencana.

"Dalam kegiatan ini banyak sekali yang kita bahas terkait penanggulangan bencana, diantaranya kebijakan Dinas Sosial Kalimantan Tengah penanganan bencana dan peran Kementrian Sosial RI dalam penanganan bencana di wilayah regional Kalimantan," demikian Diah.

Pewarta : Antonius Sepriyono | Liputan SBM 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda