Gubernur Kalteng Buka Kegiatan Talkshow Borneo Forum ke-5 Tahun 2022 - Liputan Sbm

Nusantara Baru Indonesia Maju

Nusantara Baru Indonesia Maju

24 August 2022

Gubernur Kalteng Buka Kegiatan Talkshow Borneo Forum ke-5 Tahun 2022




PALANGKA RAYA - Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran telah membuka secara resmi kegiatan Talkshow Borneo Forum ke-5 Tahun 2022. Kegiatan yang mengusung tema “Menuju Industri Sawit Borneo Berkelanjutan” ini dilaksanakan di Swiss-Belhotel Danum Palangka Raya, Rabu (24/8/2022).

Untuk diketahui, tahun ini merupakan pertemuan yang ke-5 dan yang berkesempatan menjadi tuan rumah adalah Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) Kalteng.

Pada kesempatan tersebut, H. Sugianto Sabran menyampaikan kondisi kelapa sawit di Provinsi Kalteng yakni data perizinan Perusahaan Besar Swasta (PBS) sebanyak 300 Unit dengan luas 3,2 juta hektar.

“Namun PBS yang sudah operasional sebanyak 198 Unit dengan luas 2,3 juta hektar dan PBS yang belum operasional sebanyak 102 Unit dengan luas 941.690 hektar," tutur H. Sugianto Sabran.

Lebih lanjut disampaikan, data produksi tahun 2021 yakni produksi CPO sebanyak 6,5 juta ton, produksi kernel sebanyak 1,3 juta ton, dan Produksi PKO sebanyak 146.429 ton.

“Saya mengharapkan adanya kesepahaman bersama antara pemerintah pusat dan daerah mengenai usulan provinsi penghasil sawit terhadap Dana Bagi Hasil Sawit (DBH_Sawit), dengan pertimbangan bahwa sebagai provinsi penghasil sawit yang juga membutuhkan peningkatan aspek kesehatan, pendidikan dan aspek infrastruktur membutuhkan anggaran yang tidak sedikit dan secara mendasar seluruh kekayaan alam kiranya dapat memberikan manfaat seluas-luasnya bagi masyarakat daerah setempat," tegasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Gubernur Kalteng, H. Edy Pratowo, Anggota DPR RI Dapil Kalteng, H. Agustiar Sabran, Anggota DPD RI, Agustin Teras Narang, Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Agribisnis Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Musdhalifah Machmud, Sekretaris Jenderal GAPKI, Eddy Martono, Gubernur Kalimantan Timur H. Isran Noor dan perwakilan dari Provinsi Kalimantan Barat, Provinsi Kalimantan Selatan serta Provinsi Kalimantan Utara.

Pewarta : Antonius Sepriyono | Liputan SBM 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda