Pemprov Kalteng Laksanakan Penanaman Pohon Sebagai Upaya Mitigasi Pengendalian Iklim - Liputan Sbm

Nusantara Baru Indonesia Maju

Nusantara Baru Indonesia Maju

26 August 2022

Pemprov Kalteng Laksanakan Penanaman Pohon Sebagai Upaya Mitigasi Pengendalian Iklim




PALANGKA RAYA - Sebagai upaya mitigasi pengendalian iklim dalam Rangka Indonesia's FOLU NET SINK 2030, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) menggelar penanaman pohon yang dilaksanakan di halaman Gedung Indoor jalan Cilik Riwut km. 5, Palangka Raya, Jumat (26/8/2022). 

Wakil Gubernur Kalteng, H. Edy Pratowo dalam sambutannya,  menyampaikan bahwa pihaknya mengapresiasi Kementerian KLHK atas diselenggarakannya kegiatan dalam rangka Indonesia Kalteng menanam. 

"Lokasi penanaman ini berada di lingkungan sirkuit UCI MTB Eliminator World Cup Tahun 2022, sehingga kegiatan ini sebagai bentuk komitmen Kalteng terhadap upaya keseimbangan iklim global," ucap kata Edy.

Selain itu, dengan penanaman pohon diharapkan nantinya negara-negara lainnya diluar negeri dapat mengetahui bahwa, Provinsi Kalteng ikut terlibat aktif dalam menjaga lingkungan sebagai upaya agar kelestarian alam tetap terjaga, sebagai bagian dari penurunan emisi gas rumah kaca.

Penanaman pohon juga merupakan gerakan awal Pemprov Kalteng untuk melestarikan lingkungan agar manfaatnya dirasakan bagi masyarakat Kalteng di masa yang akan datang. 

Sementara itu, Sekretaris Dirjen Planalogi Kehutanan dan Lingkungan, Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup (KLHK) Hanif Faisal dalam sambutannya mengatakan bahwa, setiap orang berhak mendapatkan lingkungan hidup yang baik. 

"Hal tersebut menunjukan bahwa Indonesia, mempunyai peranan dalam pengendalian perubahan iklim secara mandiri. Indonesia juga sebagai negara yang aktif dalam menjaga ketertiban dunia yang berkomitmen dalam penurunan emisi gas rumah kaca," ucapnya. 

Sehingga pihaknya berharap selain penurunan emisi gas rumah kaca, kelestarian lingkungan dan hutan di Indonesia dapat dilakukan sebagai penunjang kehidupan di Indonesia. Serta target Indonesia's FOLU NET SINK 2030 dapat tercapai. 

Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya  Ketua DPRD Provinsi Kalteng H. Wiyatno, Kasi Teritorial Kasrem 102/PJG Letnan Kolonel Kav Muhammad Arifin, Sekda Kalteng H. Nuryakin, CEO City Mountain Bike dari Belgia, Kristof Bruyneel dan sejumlah Kepala SOPD di lingkungan Pemprov Kalteng. 

Untuk diketahui, Indonesia FOLU Net Sink 2030 adalah skenario penurunan 60 persen emisi Gas Rumah Kaca (GRK) nasional lewat pengurangan GRK di sektor kehutanan dan Penggunaan Lahan lainnya (Forest dan Other Landuse).

Program Indonesia’s FoLU Net Sink 2030 terus dikampanyekan untuk tujuan serapan sektor kehutanan akan lebih besar dari emisi sektor kehutanan.

Pewarta : Antonius Sepriyono | Liputan SBM

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda