Wagub Buka BNI Sirnas B Bulutangkis Palangka Raya - Liputan Sbm

Nusantara Baru Indonesia Maju

Nusantara Baru Indonesia Maju

05 September 2022

Wagub Buka BNI Sirnas B Bulutangkis Palangka Raya





PALANGKA RAYA - Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Edy Pratowo secara resmi telah membuka BNI Sirkuit Nasional (Sirnas) B Bulutangkis Palangka Raya yang dilaksanakan di Gor Pratama Jl. Antang Kalang No. 58 Kota Palangka Raya, Senin (5/9/2022).

Dalam sambutannya Wagub mengatakan bahwa Sirkuit Nasional ini merupakan kejuaraan yang dipakai sebagai tolak ukur pembinaan prestasi bulutangkis nasional. Ajang ini juga menjadi "Kawah Candradimuka" untuk pembinaan dan pematangan pemain-pemain bulutangkis muda potensial.

Untuk diketahui, SIRNAS B Palangka Raya kali ini diikuti sekitar 350 atlet berbakat dari Klub se-Indonesia, yang akan bertanding dalam 3 kategori umur, yaitu: (1) Usia Dini Putra/Putri usia dibawah 11 tahun (Tunggal); (2) Anak-Anak Putra/Putri usia di bawah 13 tahun (Tunggal dan Ganda); dan, (3) Pemula Putra/Putri usia di bawah 15 tahun (Tunggal dan Ganda).

"Semoga ajang SIRNAS Bulutangkis Palangka Raya ini dapat menjadi tonggak sejarah, dan melahirkan atlet-atlet bulutangkis hebat yang kemudian mampu bersaing dan mencetak prestasi membanggakan, baik di kancah nasional maupun internasional," kata Edy.

Lebih lanjut dikatakan Edy bahwa Bulutangkis merupakan cabang olahraga yang sangat digemari masyarakat Indonesia dan telah menorehkan tinta emas di kancah dunia. Di Provinsi Kalimantan Tengah sendiri, Bulutangkis juga semakin berkembang dan diminati oleh para generasi muda.

Menurutnya, sinergi semua stakeholder, mulai dari Pemerintah Pusat, Provinsi, dan Kabupaten/Kota, PBSI, KONI, para pelatih dan atlet, hingga dunia usaha, jelas diperlukan untuk memajukan prestasi olahraga bulutangkis.  

Selain itu disampaikannya bahwa prestasi tidak akan bisa diraih lewat cara instan. Kuncinya adalah pembinaan secara sistematis, berjenjang, dan berkesinambungan. Salah satunya melalui penyelenggaraan kompetisi ketat dan reguler, sebagai ajang mengasah skill dan mental bertanding, untuk mencetak atlet-atlet bulutangkis andal.

"Kepada seluruh adik-adik atlet peserta Sirkuit Nasional Bulutangkis Palangka Raya, saya ucapkan selamat bertanding serta junjung tinggi sportivitas dan raih prestasi terbaik," tutur Edy.

Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Provinsi (Pengprov) PBSI Kalteng, H. Sugiyanto ketika dibincangi oleh sejumlah media mengatakan bahwa ajang Sirnas kali ini diikuti sekitar 350 orang peserta setelah dilakukan verifikasi berkas dan lainnya.

Selain itu, dirinya juga berharap agar kedepannya fasilitas pembinaan atlet seperti GOR dan lain-lain dapat diupayakan dan pihaknya berharap support dari Pemerintah Daerah khususnya serta pihak terkait lainnya.

Pewarta : Antonius Sepriyono | Liputan SBM

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda