DLH Kalteng Akan Bangun Laboratorium - Liputan Sbm

Nusantara Baru Indonesia Maju

Nusantara Baru Indonesia Maju

06 January 2023

DLH Kalteng Akan Bangun Laboratorium





PALANGKA RAYA - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kalteng berencana akan membangun laboratorium lingkungan hidup.

Hal tersebut disampaikan oleh Plt Kepala DLH Kalteng Joni Harta melalui Plh, Noor Halim ketika dibincangi oleh sejumlah media di ruang kerjanya, Jumat (6/1/2023).

"Jadi salah satu yang menjadi tugas dan fungsi yang diamanatkan oleh Pemerintah Daerah Provinsi Kalimantan Tengah adalah DLH Kalteng diminta untuk membangun laboratorium. Harapannya dengan adanya laboratorium tersebut semua pihak yang memerlukan analisis yang berkaitan dengan tanah, udara, air dan lain sebagainya itu tidak perlu keluar Kalteng lagi," kata Noor Halim.

Dikatakan Noor Halim bahwa dengan adanya laboratorium tersebut juga dapat memberikan dampak positif terhadap pemasukan daerah.

"Insyaallah anggaran itu sudah masuk pada usulan tahun 2023 dan di 2023 ini juga diharapkan bisa berproses baik dari segi fisiknya kemudian alat-alat laboratoriumnya, bahkan secara berkala kami juga sudah mulai menata sejumlah aturan-aturan termasuk juga Sumber Daya Manusia (SDM) yang akan bertugas di laboratorium itu," ungkapnya.

Selain itu, Noor Halim menyebut fungsi dari laboratorium tersebut nantinya adalah untuk melaksanakan analisis terhadap sampel yang diminta oleh unit pemakai.

"Misalnya ada sebuah perusahaan tambang yang ingin meminta informasi berkaitan dengan tanah, kemudian tentang apa yang terkandung didalamnya itu nanti melalui uji laboratorium akan kita ketahui hasilnya," tuturnya.

Disamping itu, Noor Halim juga menyampaikan bahwa DLH Kalteng memiliki program prioritas di tahun 2023 ini yakni meningkatkan penataan zona hijau.

"Kita diminta untuk lebih berperan lagi dalam meningkatkan penataan zona hijau. Selain itu, mengenai tugas-tugas lain yang memang sesuai aturannya menjadi kewenangan kita itu akan kita tingkatkan," demikian Noor Halim.

Pewarta : Antonius Sepriyono | Liputan SBM 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda