70 Tahun KKB, Pemerintah Kalteng Apresiasi Program Terjemah Al-Quran Bahasa Bakumpai - Liputan Sbm

Nusantara Baru Indonesia Maju

Nusantara Baru Indonesia Maju

23 February 2023

70 Tahun KKB, Pemerintah Kalteng Apresiasi Program Terjemah Al-Quran Bahasa Bakumpai




PALANGKA RAYA - Sekda Kalimantan Tengah Drs Nuryakin menghadiri syukuran dalam rangka Milad Kerukunan Keluarga Bakumpai (KKB) ke-70 Tahun. Syukuran milad ini sekaligus dirangkai dengan kegiatan Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW yang dilaksanakan di Aula Darussalam jalan G.Obos Palangka Raya. Rabu (22/2/2023). 

Sekda Kalteng Drs Nuryakin dalam sambutan Gubernur yang dibacakannya mengatakan Pemerintah Provinsi Kalteng sangat mengapresiasi dengan adanya program terjemahan Al Quran bahasa Bakumpai dari KKB. "Diharapkan kepada KKB selaku organisasi agar dapat bersinergi dengan pemerintah dan organisasi lainnya untuk bersama- sama membangun bumi Tambun Bungai," jelasnya.

Sekda juga mengatakan, hari ini merupakan sejarah bagi KKB yang resmi berdiri dan lahir di tanggal 22 februari 1953, dengan mengusung slogan Hayak Bassura. Dimana di Milad ke 70, KKB telah memiliki program untuk menterjemahkan Quran dalam bahasa Bakumpai. 

"Ini merupakan salah satu strategi untuk menjaga dan melestarikan bahasa daerah dan budaya bakumpai," kata Nuryakin.

Ditempat yang sama Ketua KKB Kalimantan Tengah, DR.H Suriansyah Murhaini dalam sambutannya menyampaikan di tahun 2023 ini milad KKB ke-70 dilaksanakan di banyak tempat baik di Kalsel maupun Kalteng. Pada peringatan Milad ke-70 malam ini juga akan dilaksanakan penandatanganan MOU dengan pihak Balai Bahasa wilayah Kalteng, lembaga LPTQ dan IAIN.

"MOU ini dilakukan sebagai upaya untuk pelestarian bahasa Bakumpai. MOU ini dilakukan dalam rangka penyusunan kamus bahasa Bakumpai. Hal ini dimaksudkan agar bahasa daerah Bakumpai tetap lestari dan terjaga. Hari ini, KKB juga bekerja sama dengan pihak IAIN serta LPTQ dalam rangka penerjemahan Al Qur'an edisi bahasa Bakumpai. Program ini dipimpin langsung oleh Sekda Kalteng, Drs Nuryakin," tutur Suriansyah.

Dalam syukuran dilakukan prosesi pemotongan tumpeng yang dilakukan oleh Ketum KKB Pusat Yuni Abdi Nur Sulaiman, sebagai rasa syukur KKB telah berusia 70 tahun.

Isra Mi'raj ini diisi dengan ceramah yang dibawakan oleh Habib Muhammad Al-Habsyi yang berasal dari Jakarta. Dihadiri oleh Ketua Umum KKB Pusat, Yuni Abdi Nur Sulaiman, seluruh pengurus KKB dari Kabupaten/Kota se-Kalimantan Tengah, serta warga bubuhan Bakumpai yang ada di Kota Palangka Raya. 

Pewarta : Andy Ariyanto | Liputan SBM 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda