Bedah Rumah dan Peningkatan PSU, 2 Program Yang Diutamakan Disperkimtan Kalteng - Liputan Sbm

Nusantara Baru Indonesia Maju

Nusantara Baru Indonesia Maju

13 February 2023

Bedah Rumah dan Peningkatan PSU, 2 Program Yang Diutamakan Disperkimtan Kalteng

Kepala Dinas Perkimtan Kalteng, Erlin Hardi 



PALANGKA RAYA - Ada dua program kegiatan utama yang akan dilaksanakan oleh Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Perkimtan) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) di Tahun 2023 ini yakni bedah rumah dan program peningkatan Prasarana Sarana Utilitas Umum (PSU).

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Perkimtan Kalteng, Erlin Hardi ketika dibincangi oleh sejumlah media pada Senin (13/2/2023).

"Kita di Dinas Perkimtan ini ada dua program kegiatan yang menjadi fokus utama kita yakni bedah rumah dan untuk dikawasan permukiman akan dilaksanakan peningkatan Prasarana Sarana Utilitas Umum (PSU). Kalau untuk perumahan itu di tahun ini kita akan melaksanakan kegiatan 84 unit rumah di Kalteng yang nantinya akan kita bedah," kata Erlin Hardi.

Tentunya hal itu, kata Erlin berdasarkan sejumlah persyaratan yang sudah ditentukan antara lain rumah tersebut memang rumah tidak layak huni. 

"Kami tidak bisa membangun baru, harus ada rumahnya tetapi yang tidak layak huni dan alas tanahnya serta kepemilikannya juga harus yang bersangkutan tidak boleh atas nama orang lain. Paling tidak ada SKT yang menyatakan bahwa itu memang miliknya," ungkapnya.

Erlin menyebut, bahwa untuk lokasi bedah rumah tersebut tersebar di 14 Kabupaten/Kota yang ada di Kalteng.

"Kita tidak bisa menentukan posisinya dimana terlebih dahulu, karena harus ada usulan dari Kabupaten/Kota dulu atau juga berupa proposal dari masyarakat dan nantinya akan ada tim verifikasi yang turun langsung kelapangan. Setelah tim verifikasi turun barulah kita usulkan ke Gubernur, karena nantinya yang menetapkan itu berdasarkan SK Gubernur. Itu wajib karena itulah persyaratannya. Kami tidak bisa melaksanakan kalau tidak ada SK penetapan dari Gubernur," demikian Erlin.

Pewarta : Antonius Sepriyono | Liputan SBM

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda