Edy Pratowo: Menyukseskan Program Food Estate Harus Adanya Kolaborasi antara Pemprov Kalteng dengan Pemkab - Liputan Sbm

Nusantara Baru Indonesia Maju

Nusantara Baru Indonesia Maju

17 February 2023

Edy Pratowo: Menyukseskan Program Food Estate Harus Adanya Kolaborasi antara Pemprov Kalteng dengan Pemkab




PALANGKA RAYA - Menteri Pertanian (Mentan) RI Syahrul Yasin Limpo melaksanakan kunjungan kerja ke Kawasan Food Estate di Desa Bentuk Jaya A5 Dadahup Kabupaten Kapuas. Dalam peninjauan ini Mentan didampingi oleh Wakil Gubernur Kalimantan Tengah H. Edy Pratowo. Pada kunjungan kerja kali ini, Mentan meninjau lokasi pertanaman tahap I seluas 90 hektar dan lokasi pertanaman tahap II seluas 200 hektar. Kamis (16/2/2023).

Wagub Edy Pratowo mengatakan untuk menyukseskan Program Food Estate ini harus adanya kolaborasi antara Pemerintah provinsi Kalteng dengan Pemerintah Kabupaten setempat. 

“Kita harus ubah mindset kita bahwa lahan yang ada di wilayah Kalimantan Tengah itu tidak sama seperti di Pulau Jawa, Sumatera, ataupun Sulawesi. Tapi kita harus yakin dan pantang mundur dengan sama-sama mengejar agar program ini bisa terwujud dengan baik kedepannya, sesuai harapan masyarakat Kalimantan Tengah dan Indonesia,” ucapnya. 

Saat dibincangi usai melakukan peninjauan, Mentan RI Syahrul Yasin Limpo menyampaikan Food Estate Kalimantan ini jangan dilihat dari apa yang dihasilkan hari ini, tetapi dilihat dari suatu konsep yang menembus masa depan secara nasional. 

“Ingat, kita tidak bisa bertumpu hanya di Jawa, Makasar, dan lain-lain, karena lahan yang siap dan tersedia cukup luas ada di Kalimantan, termasuk Kalimantan Tengah,” katanya.

Mentan juga menambahkan, Presiden Joko Widodo menyebut Food Estate ini sebagai sentra untuk mendorong sebuah perencanaan-perencanaan ketahanan pangan Indonesia ke depannya. 

“Tantangan kita ada di orang (SDM), cuaca, dan juga tantangan teknis lainnya. Kita berharap semua pihak akan bisa melihat kondisi Food Estate yang tidak langsung instan. Food Estate bukan hanya panen jagung, tetapi diharapkan kedepannya kita bisa mengembangkan peternakan yang ada seperti bebek, ayam, dan lain-lain,” pungkasnya.

Sumber : MMC Kalteng

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda