Kebun Kakao, Daerah Pundu Berpotensi Untuk Dibuat Tempat Agrowisata - Liputan Sbm

Nusantara Baru Indonesia Maju

Nusantara Baru Indonesia Maju

06 February 2023

Kebun Kakao, Daerah Pundu Berpotensi Untuk Dibuat Tempat Agrowisata

Plt. Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Tengah, H. Rizky R. Badjuri






PALANGKA RAYA - Plt. Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), H. Rizky R. Badjuri mengungkapkan, bahwa kebun kakao di Kalimantan Tengah sangat bagus untuk dijadikan tempat agrowisata.

"Kalau buah kakao seharusnya bisa menjadi agrowisata, dan tentunya hal tersebut nanti pemerintah harus bekerja sama dengan dinas kebudayaan dan pariwisata terkait dalam kunjungan untuk usaha kakao tersebut," kata Rizky, Senin (6/2/2023).

Karena nanti kata Rizky, dalam wisata tersebut, akan diperlihatkan bagaimana cara memetik atau memanen buah kakao itu juga bisa dijadikan wisata.

"Terkait untuk lokasi kebun kakao sendiri, yang saat ini saya usahakan yakni yang berada di Pundu, karena disana ada kebun provinsi kurang lebih ada 98 hektar yang mana disana sudah ada sawit, kopi, kakao ada karet dan ini masih kita usahakan," ungkapnya.

Selain itu, Rizky menyampaikan bahwa pihaknya telah bekerjasama dengan mahasiswa dari UMP, UPR jadi mereka kesana terkait untuk bagaimana cara panen sawit, hingga dibawa untuk dijual.

"Tapi saat itu, kita tidak bisa saat itu mengantar ke pabrik, terus selain itu juga apakah akan disana akan dijadikan outbond, yang pasti aset yang akan direncanakan dipusatkan di Pundu, yang pasti hasil kebun baik kakao, kopi dan lainnya bagus untuk dijadikan tempat wisata," pungkasnya. 

Pewarta : Antonius Sepriyono | Liputan SBM 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda