Kepala UPT Puskesmas Jekan Raya: Cegah DBD dengan Menerapkan 3M Plus - Liputan Sbm

Nusantara Baru Indonesia Maju

Nusantara Baru Indonesia Maju

19 February 2023

Kepala UPT Puskesmas Jekan Raya: Cegah DBD dengan Menerapkan 3M Plus




PALANGKA RAYA - “Iya, kami dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Jekan Raya, terus gencar melakukan sosialisasi terkait antisipasi DBD ke masyarakat, sebagai bentuk pencegahan penyebaran penyakit DBD tersebut,” ucap Hariyadi Kepala UPT Puskesmas Jekan Raya Kota Palangka Raya, Hariyadi, Sabtu (18/2/2023).

Pernyataan Hariyadi ini dikarenakan Hujan dengan intensitas cukup tinggi masih terus mengguyur Kota Palangka Raya. Yang dimana mengakibatkan, beberapa titik kawasan penduduk tergenang hingga terendam banjir. 

Lebih lanjut dikatakannya, yang harus diperhatikan masyarakat guna mencegah munculnya penyakit DBD adalah dengan selalu menjaga kebersihan lingkungan rumah.

“Tutup genangan air yang timbul akibat guyuran hujan, karena bisa saja menjadi tempat bersarang dan berkembangnya nyamuk DBD,” tambahnya.

Baiknya lagi bila di lingkungan masyarakat dilakukan dengan cara bergotong royong. Bersihkan dan jangan sampai membiarkan ada tempat atau barang seperti kaleng, botol dan barang bekas tergenang air, sehingga menjadi tempat nyamuk bersarang.

Begitupun dengan sampah yang ada di lingkungan tempat tinggal ataupun di lingkungan masyarakat, maka harus dikubur agar tidak menjadi sasaran tempat sarang nyamuk berkembang.

“Kami minta masyarakat aktif melaksanakan 3M Plus untuk mengantisipasi penyebaran DBD. 3M itu yakni dengan cara menguras tempat penampungan air, menutup tempat penampungan air, dan mengubur barang bekas,” jelas Hariyadi

“Sedangkan untuk plusnya hindari gigitan nyamuk dengan selalu tidur menggunakan kelambu dan menyalakan obat nyamuk,” pungkasnya. 

Sumber : MMC Palangka Raya

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda