Kuwu Senilawati: Pergantian Komisioner KPU Nanti Setelah Usai Pemilu Saja - Liputan Sbm

Nusantara Baru Indonesia Maju

Nusantara Baru Indonesia Maju

13 February 2023

Kuwu Senilawati: Pergantian Komisioner KPU Nanti Setelah Usai Pemilu Saja

Wakil Ketua Komisi I DPRD Kalteng, Kuwu Senilawati







PALANGKA RAYA - Wakil Ketua Komisi I DPRD Kalteng, Kuwu Senilawati mengatakan bahwa adanya pergantian Komisioner DPRD Kalteng untuk yang sekarang, justru mempertanyakan bagaimana, adakah peraturan KPU baru dalam waktu mendekati hari H nya, yang mana Pemilu 2024 tinggal satu tahun lagi, kemudian komisioner KPU ada pergantian, pasti tidak mudah untuk melakukan pekerjaan yang sudah dilakukan oleh petugas sebelumnya.

"Kenapa komisioner ini diganti atau masa rentan tugasnya harus mendekati perubahan pemilu, tentunya saya berharap kalau memang ini nanti dibuka untuk komisioner yang baru, memang betul-betul dipilih dari orang yang mampu dan mengerti, tugas yang telah dikerjakan oleh komisioner yang lama," katanya, Senin (13/2/2023).

Terlebih lagi, kalau misalkan ada 5 orang anggota, tidak mungkin langsung diganti pastinya harus ada yang bisa untuk menyambung, karena orang yang baru otomatis perlu penyesuaian lagi,  perlu waktu lagi untuk memahami walaupun orang yang ahli dibidangnya.

"Karena tentunya dalam hal ini sangat diperlukan, orang yang sangat luas dalam pengalaman bagi komisioner ini, untuk melakukan tugasnya masing-masing apakah nanti akan ada pergantian dari komisioner lama atau komisioner baru, bisa menjalankan tugas tanpa ada kendala," tambahnya.

Karena seharusnya, kalau mau ada pergantian tidak hampir mendekati pelaksanaan pemilu, tapi kalau memang ini sudah sesuai, diharapkan komisioner yang baru nanti bisa menjalankan tugas dan tanggung jawab bisa menjalankan seperti yang dilakukan oleh komisioner yang lama.

"Karena sekali lagi saya sampaikan, kalau misalkan orang yang baru tentunya tidak akan mudah memahami apa yang dilaksanakan nanti, dan tentunya ada penyesuaian-penyesuaian, jadi saya berharap untuk pergantian komisoner jangan mendekati pemilu, dan seharusnya dari dua tahun yang lalu harusnya sudah ada pergantian, dan kalau perlu atau kalau bisa jangan diganti dulu, tapi kalau sudah lewat pemilu baru diganti," demikian Kuwu.

Pewarta : Antonius Sepriyono | Liputan SBM 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda