Sekda Kalteng Buka Kegiatan Seminar Melestarikan Budaya dan Bahasa Bakumpai FP-KKB - Liputan Sbm

Nusantara Baru Indonesia Maju

Nusantara Baru Indonesia Maju

11 February 2023

Sekda Kalteng Buka Kegiatan Seminar Melestarikan Budaya dan Bahasa Bakumpai FP-KKB

Foto: Sekda Kalteng, H. Nuryakin saat menyampaikan sambutannya 



PALANGKA RAYA - Forum Pemuda Kerukunan Keluarga Besar Bakumpai (FP-KKB) melaksanakan kegiatan seminar FP-KKB Kalteng dalam rangka Melestarikan Budaya dan Bahasa Bakumpai. Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Putra Kahayan tersebut dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kalteng, H. Nuryakin, Sabtu (11/2/2023).

"Atas nama Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, saya memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Jajaran Forum Pemuda KKB Kalimantan Tengah atas terlaksanya kegiatan ini. Menjadi harapan kita bersama, Seminar ini dapat meningkatkan kecintaan kita bahasa dan budaya Kalimantan Tengah, khususnya Bakumpai," kata Nuryakin dalam sambutannya pada kegiatan tersebut.

Dikatakan Nuryakin bahwa, pada Era Globalisasi seperti saat ini, kita sebagai penerus bangsa memiliki sebuah kewajiban untuk menjaga dan melestarikan bahasa dan budaya yang kita miliki. 

Kalimantan Tengah sendiri memiliki beragam bahasa dan budaya termasuk di dalamnya Bakumpai yang ikut memperkaya khasanah budaya Indonesia. Kekayaan budaya yang luar biasa dan tidak ternilai itu akan sirna ditelan waktu jika tidak dikelola dan dipelihara dengan baik.

"Oleh karena itu, menjadi harapan kita bersama melalui kegiatan ini, diharapkan generasi muda dapat lebih mengenali dan memahami bahasa dan budayanya, sehingga tidak hilang begitu saja, tetapi terlindungi, terkonservasi, terlestarikan, agar lebih kuat dan bermanfaat guna mewujudkan pembangunan daerah yang sama-sama kita banggakan ini melalui aspek kebudayaan tradisional. Yang tentunya, hal tersebut selaras dengan tema yang diusung yaitu Melestarikan Budaya dan Bahasa Bakumpai di Era Moderen," ungkapnya.

Melalui kegiatan tersebut Sekda berharap tali silaturahmi antar pengurus bisa terus terjalin, sehingga program kerja yang dilaksanakan kedepan bisa berjalan dengan sukses. Tentunya program-program yang sejalan dan bertujuan mendukung pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah.

"Saya yakin, dengan kolaborasi yang terjalin bersama antara Pemerintah Daerah dan stakeholders terkait dapat diimplementasikan bagi pembangunan Kalimantan Tengah," tegasnya.

Selain itu, Sekda juga menyampaikan agar KKB Kalimantan Tengah dapat terus menjadi bagian warga asli Kalimantan Tengah yang mendukung pembangunan dalam mewujudkan Kalteng Berakhlak dan Penuh Keberkahan, karena warga Bakumpai adalah bagian dari sub suku Dayak Ngaju beragama Islam yang memiliki peranan penting dalam sejarah perjuangan dan pembangunan di Kalimantan Tengah.

Pewarta : Antonius Sepriyono | Liputan SBM

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda