Wagub dan Mentan Letakan Batu Pertama Pembangunan RMU - Liputan Sbm

Nusantara Baru Indonesia Maju

Nusantara Baru Indonesia Maju

17 February 2023

Wagub dan Mentan Letakan Batu Pertama Pembangunan RMU



PALANGKA RAYA - Wakil Gubernur (Wagub) Kalteng, H. Edy Pratowo bersama Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo melakukan peletakan batu pertama pembangunan Rice Milling Unit (RMU) atau penggilingan padi modern di Desa Bentuk Jaya A5 Dadahup Kabupaten Kapuas, Kamis (16/2/2023).

Wagub Edy mengatakan, di tahun 2023 ini, Pemprov Kalteng memiliki program membangun tiga penggilingan padi modern, yang terletak di wilayah barat, tengah, dan timur.

“Dengan RMU itu nantinya bisa diproses dan menjadi stok beras kita, ini juga menjadi salah satu upaya untuk mengatasi inflasi kita, karena salah satu komoditas inflasi kita adalah beras,” ucap Edy.

Sementara itu, Mentan RI, Syahrul Yasin Limpo meminta agar mesin Rice Milling Unit (RMU) modern ini nantinya bisa dijaga dan dirawat dengan baik, sehingga betul-betul memberikan manfaat kepada masyarakat.

“Mengembangkan mesin itu gampang, tetapi menjaga, merawat, dan mengoperasikannya tidak mudah. Oleh karena itu, saya minta manajemennya harus diatur betul-betul meskipun mengoperasikan mesinnya membutuhkan proses,” ucapnya.

Mentan berharap, dengan adanya kolaborasi dan kerja sama yang baik antara Pemerintah dan masyarakat setempat agar program Food Estate ini bisa berhasil. 

“Kita semua harus sama-sama tanggung jawab dengan niat yang tulus untuk bangsa dan negara, kalau ini berhasil, kehidupan masyarakat di sini juga bisa menjadi lebih baik,” pungkasnya.

Sebagai informasi, lahan yang digunakan untuk pembangunan RMU modern ini merupakan hibah dari Desa Bentuk Jaya A5 Dadahup Kabupaten Kapuas kepada Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) dengan luas 1.000 meter. (red) 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda