Pemerintah Siapkan 3 Hektar Lahan Untuk Rumah Dokter dan Tenaga Kesehatan di Kawasan RSUD Hanau - Liputan Sbm

Nusantara Baru Indonesia Maju

Nusantara Baru Indonesia Maju

01 March 2023

Pemerintah Siapkan 3 Hektar Lahan Untuk Rumah Dokter dan Tenaga Kesehatan di Kawasan RSUD Hanau



PALANGKA RAYA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng) melaksanakan Rapat persiapan penyediaan tanah untuk pembangunan kawasan RSUD Rujukan Wilayah Barat Provinsi Kalteng, di Kecamatan Hanau, Kabupaten Seruyan.

Rapat yang dipimpin langsung oleh Asisten Asisten Pemerintahan dan Kesra (Pemkesra) Setda Provinsi Kalteng Katma F Dirun ini dilaksanakan di Ruang Bajakah Lantai II Kantor Gubernur Kalteng, Selasa (28/2/2023) pagi.

"Rapat ini dalam rangka mempersiapkan tanah untuk sarana penunjang RSUD tersebut seperti, Rumah Dokter, Rumah Tenaga Kesehatan. Itu yang saat ini dibutuhkan," kata Rainer Danny, Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng.

Dia menjelaskan pembangunan gedung utama RSUD sudah ada 5 hektar untuk pencangan pondasi, dan kini tim membutuhkan 2 sampai 3 hektar lahan lagi bagi Rumah Dokter dan Tenaga Kesehatan.

"Kami bersyukur rapat perdana ini berjalan lancar. Tadi juga disampaikan Bapak Asisten Katma F Dirun agar dapat membentuk tim terpadu yang terdiri dari berbagai OPD terkait, agar tanah yang di kelola nantinya memiliki legalitas formal yang dapat melindungi," tuturnya.

Ia juga menyampaikan, pada pekerjaan RSUD di Hanau tidak ada kendala yang berat. Hanya pada masalah listrik, yang dapat diatasi pihak kontraktor dengan genset. "Dan progresnya dari 2022 akhir sampai sejauh ini dari konsultan pengawasnya menyampaikan, bahwa pembangunan RSUD masih sesuai target," ungkapnya.

Selain itu, Rainer juga menyampaikan ternyata masyarakat seruyan sangat senang dengan dibangunnya fasilitas kesehatan tersebut. Tentunya ini sejalan dengan keinginan Bapak Gubernur H. Sugianto Sabran, yang menginginkan masyarakat mudah memperoleh fasilitas kesehatan berstandar kelas B, dan akan terbukanya pertumbuhan ekonomi baru.

"Kemudian standar Kelas B ini berkaitan dengan jumlah layanan dan juga jumlah tempat tidur. Nah untuk kelas B ini kalau tidak salah sekitar kurang lebih 200 tempat tidur. Harapan kita semoga masyarakat Wilayah Barat Provinsi Kalimantan Tengah bisa mendapatkan layanan Kesehatan lebih baik lagi dengan dibangunnya RSUD ini," pungkasnya. 

Pewarta : Antonius Sepriyono | Liputan SBM 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda