Gelar Seni Budaya, 7 Sekolah Meriahkan Hari Pendidikan Nasional - Liputan Sbm

Nusantara Baru Indonesia Maju

Nusantara Baru Indonesia Maju

07 May 2023

Gelar Seni Budaya, 7 Sekolah Meriahkan Hari Pendidikan Nasional

PALANGKA RAYA - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) Taman Budaya Kalteng menggelar Seni Budaya dengan Tema Kisah Kasih Di Sekolah. Minggu, (7/05/2023).

Pagelaran seni ini untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Mei. Acara ini dilaksanakan di Panggung Teater terbuka Taman Budaya Kalimantan Tengah.

Gelar seni Budaya ini Dimeriahkan oleh 7 peserta dari sekolah-sekolah yang ada di kota Palangka Raya antara lain Swara Suluh Batarung, Sanggar Seni SMP IT All Ghazali Palangka Raya, Sanggar Tari Haruyung Manuntung SMA Negeri 1 Palangka Raya, Kolaborasi Karungut Sanggar Guru dan Sanggar Sumbu Kurung Siswa SMA Negeri 4 Palangka Raya, BanDrik MIN 2, dan SLB Negeri 1 Palangka Raya, serta SMK Negeri 3 Palangka Raya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kalimantan Tengah dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kabid Pariwisata dan Kebudayaan Agung Catur Prabowo mengatakan, bahwa kegiatan ini sebetulnya secara rutin dilaksanakan setiap bulannya oleh Taman Budaya.

"Kami mengucapkan Terima kasih dan mengapresiasi Kepala UPT Taman Budaya, yang tidak pernah lelah melaksanakan acara pagelaran seni budaya setiap bulannya," ucapnya.

Lebih lanjut dikatanya pagelaran ini dalam rangka mengembangkan seni budaya terutama dalam dunia pendidikan.

"Pagelaran hari ini tidak lepas dari peringatan Hardiknas, kita tahu pahlawan pendidikan kita Ki Hajar Dewantara yang mana telah memberikan landasan untuk mengembangkan pendidikan di Indonesia, yakni dengan Ing Ngarso Sung tulodo ing Madyo Mangun Karso dan Tut Wuri Handayani, dan 3 hal ini menjadi pedoman kita untuk memberikan pendidikan mulai dari PAUD sampai dengan perguruan tinggi," ungkapnya.

Di tempat yang sama Wilda D Binti SE.,M.Si yang merupakan Kepala UPT Taman Budaya Kalteng mengatakan Kegiatan Seni dan Budaya ini rutin dilaksanakan setiap bulannya.

"Hari ini gelar seni kita mengambil tema Kisah Kasih Di Sekolah yang mana di bulan ini bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional," katanya saat diwawancarai awak media Liputan SBM.

Wilda juga menjelaskan tujuan pagelaran seni budaya ini untuk mengangkat potensi-potensi yang dimiliki di berbagai tingkat yang ada di sekolah-sekolah di Kalimantan Tengah sekaligus melestarikan dan meningkatkan rasa cinta terhadap seni budaya yang dimiliki oleh daerah ini.

Pewarta : Andy Ariyanto | Liputan SBM

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda