IAIN Palangka Raya Gelar Silaturahmi Nasional, Diskusi Publik Hingga Deklarasi - Liputan Sbm

Nusantara Baru Indonesia Maju

Nusantara Baru Indonesia Maju

15 May 2023

IAIN Palangka Raya Gelar Silaturahmi Nasional, Diskusi Publik Hingga Deklarasi

PALANGKA RAYA - Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya melalui Dewan Mahasiswa Fakultas Syari'ah dan hukum menggelar kegiatan silaturahmi Nasional Tahun 2024.

Kegiatan silaturahmi Nasional ini dilaksanakan dari tanggal 15 Mei sampai 17 Mei 2023 dan digelar di Aula IAIN Palangka Raya. Senin (15/5).

Rangkaian kegiatan silaturahmi ini terdiri dari Kegiatan seminar nasional, diskusi publik dan deklarasi serta akan ada acara peserta mengelilingi tempat wisata yang ada di kota Palangka Raya.

Dengan mengusung Tema muda berperan sukseskan pemilu 2024 yakni "Optimalisasi peran generasi muda dalam mewujudkan politik berkeadaban pada pemilu 2024".

Kegiatan tersebut dibuka oleh Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran yang dalam hal ini diwakili oleh Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Suheimi.

"Pemerintahan Provinsi Kalimantan Tengah mengucapkan selamat datang di Bumi Tambun Bungai, Bumi Pancasila, tanah berkah untuk Indonesia kepada generasi-generasi muda penerus bangsa," ucap Gubernur dalam sambutan tertulisnya.

Gubernur berharap selain sarana untuk bersilaturahmi kegiatan ini dapat dijadikan sebagai wadah untuk lebih berperan dalam melakukan pembangunan di masyarakat agar menjadi lebih tertata dan baik

"Kalimantan Tengah merupakan salah satu Provinsi tertua yang memiliki sumber daya alam dan budaya yang banyak dimana dalam perjalanan pembangunannya berlandaskan kepada falsafah huma betang yang berprinsip kepada kejujuran, kebersamaan , kesetaraan, dan kepatuhan terhadap hukum," katanya.

Lebih lanjut dikatakannya bahwa Dengan adanya falsafah huma betang ini perbedaan bukanlah suatu masalah bahkan keragaman menjadi semangat untuk hidup berdampingan menyatukan langkah dalam membangun Kalimantan Tengah, begitu pula dengan negeri kita tercinta ini semangat kebhinekaan sangat dibutuhkan dalam pembangunan di segala bidang.

"Mahasiswa sebagai agen perubahan harus melakukan kontrol sosial terhadap negeri ini karena perkembangan politik, sosial dan ekonomi, tidak lepas dari peran mahasiswa dan pemuda. Jadikan semangat, disiplin dan kemampuan menguasai teknologi sebagai bekal untuk membangun Indonesia di masa yang akan datang," tuturnya.

Selain itu Sebagai generasi penerus bangsa yang sangat dinantikan kontribusinya dalam masyarakat maka mahasiswa harus mampu mengimplementasikan keilmuannya dalam Akselerasi perubahan menuju kemajuan. Hal ini tentu sejalan dengan salah satu Tri Dharma Perguruan tinggi yakni pengabdian kepada masyarakat.

'Semoga silaturahmi yang dimulai hari ini bisa menghasilkan sesuatu yang bisa membawa kebaikan bagi kita semua dan inilah momentum generasi muda untuk  berkontribusi secara nyata untuk membangun bangsa," pungkasnya.

Pewarta : Andy Ariyanto | Liputan SBM

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda