Kesiapan Jelang Kalteng Expo Capai 75 Persen - Liputan Sbm

Nusantara Baru Indonesia Maju

Nusantara Baru Indonesia Maju

12 May 2023

Kesiapan Jelang Kalteng Expo Capai 75 Persen

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kalteng, Aster Bonawaty.
PALANGKA RAYA - Persiapan jelang pagelaran Kalteng Expo Tahun 2023 sejauh ini sudah mencapai 75 persen. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Provinsi Kalimantan Tengah, Aster Bonawaty pada Jumat (12/5/2023).

"Untuk persiapan sudah 75 persen, kemarin sudah datang peralatannya dan hari ini sudah mulai dipasang. Kalteng Expo ini akan kita selenggarakan pada tanggal 17 - 21 April 2023 dalam rangkaian HUT Kalteng yang ke-66. Untuk lokasinya di area pameran Temanggung Tilung Kota Palangka Raya," kata Aster ketika dibincangi oleh sejumlah media terkait kesiapan menjelang Kalteng Expo 2023.

Untuk peserta yang mengikuti Kalteng Expo kata Aster, selain dari SKPD baik Provinsi, maupun Kabupaten/Kota, Instansi vertikal ada juga dari industri perbankan.

"Kita menyediakan dua tenda roder, untuk roder 1 itu isinya sekitar 56 stand kalo dua roder kan berarti ada 100 lebih stand. Kemudian ada tenda juga untuk PKL kita siapkan kapasitas 400 PKL. Jadi nanti totalnya ada hampir sekitar 600 stand," ungkapnya.

Lebih lanjut Aster menyampaikan bahwa sejauh ini sudah ada sekitar 150 pelaku UMKM yang sudah mendaftar untuk mengikuti kegiatan Kalteng Expo yang dipusatkan di area pameran Temanggung Tilung tersebut.

"Dengan hadirnya Kalteng Expo ini diharapkan bisa membangkitkan kembali geliat perekonomian kita agar lebih baik lagi dari kemarin. Karena kita kan sudah dua kali ini menyelenggarakan setelah covid-19. Pada tahun lalu itu diluar dugaan kita ternyata antusias masyarakat cukup baik dan para pelaku UMKM juga menyambut baik. Kemudian perputaran uang saat digelar Kalteng Expo 2022 lalu juga mencapai 5 Miliar lebih pasca covid-19," tuturnya.

Selain itu, Aster mengharapkan di Kalteng Expo 2023 nanti komoditas yang ditawarkan bisa lebih banyak dari sebelumnya dan lebih banyak lagi transaksi yang dilakukan. Serta pengunjung diharapkan lebih banyak mendapat informasi terkait produk-produk unggulan, pangsa pasar, marketing dan lain sebagainya. "Kita juga menggunakan EO Lokal di Kalteng Expo ini," kata Aster.

Pewarta : Antonius Sepriyono | Liputan SBM

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda