Pemerintah Palangka Raya Apresiasi Masyarakat dalam Menjaga dan Menghormati Antar Umat Beragama - Liputan Sbm

Nusantara Baru Indonesia Maju

Nusantara Baru Indonesia Maju

17 May 2023

Pemerintah Palangka Raya Apresiasi Masyarakat dalam Menjaga dan Menghormati Antar Umat Beragama


Palangka Raya - Pemerintah kota Palangka Raya melalui FKUB Kota, menggelar kegiatan penguatan moderasi beragama bagi tokoh agama, masyarakat dan pemuda Se-kecamatan Pahandut. Rabu, 17/05/2023.


Acara yang digelar oleh FKUB Kota Palangka Raya ini menghadirkan beberapa orang narasumber salah satunya yakni camat Pahandut 


Acara yang mengambil tema Meneguhkan toleransi wujudkan keutuhan NKRI ini dilaksanakan di Kecamatan Pahandut Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah. 


Camat Pahandut  yang diwakili oleh Achmadi Kasi Pembangunan Pemberdayaan Masyarakat dalam paparannya mengatakan ada Sinergitas Pemerintah dan tokoh agama di Kecamatan Pahandut Kota Palangka Raya dalam memelihara kerukunan.


Selain itu dalam paparannya  achmadi mengatakan Pemerintah sangat mengapresiasi dan memberikan dukungan penuh terhadap masyarakat kota Palangka Raya khusus nya masyarakat Kecamatan Pahandut, yang senantiasa menjaga toleransi dan saling menghormati antar umat beragama. hal ini tetap dijaga dan Dipelihara dengan baik selama tidak bertentangan dengan nilai dan norma Pancasila. 


"Bagi para pendatang dari luar supaya menjaga dan menghormati adat budaya lokal dalam menjaga persatuan kesatuan dan kerukunan antar umat beragama, dalam falsafah Huma Betang dan dalam Kebhinekaan Tunggal Ika berbeda beda tetapi tetap satu dan bisa bersama sama," Ucapnya. 


Lebih lanjut dikatakannya juga bahwa Pemerintah memberikan jaminan kepada setiap warga masyarakat untuk menjalankan dan melaksanakan ibadah menurut agama dan kepercayaan nya masing masing dan dukungan dalam penyelenggaraan kegiatan keagamaan yang diselenggarakan sepanjang hal terang tidak bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945.


"Saya mengajak kita semua dan seluruh masyarakat kota Palangka Raya khusus nya kecamatan pahandut mari kita jaga, kita tata, dan kita pelihara kedamaian kerukunan kesatuan dan persatuan antar umat beragama kota Palangka Raya yang kita cintai,"pungkasnya. 


Untuk diketahui acara yang digelar oleh FKUB ini akan terus dilakukan dan berlanjut di Lima Kecamatan yang ada di Kota Palangka Raya. 


Moderasi beragama adalah sebuah konsep yang menekankan pada sikap saling menghormati dan bertoleransi di antara kelompok agama yang berbeda. Konsep ini mengajarkan bahwa setiap orang memiliki hak untuk memilih dan mengamalkan agamanya masing-masing, tanpa adanya tekanan atau intimidasi dari pihak lain.


Pewarta : Andy Ariyanto

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda