Pemko Sosialisasikan Pencegahan Karhutla dan Pembukaan Lahan Tanpa Bakar - Liputan Sbm

Nusantara Baru Indonesia Maju

Nusantara Baru Indonesia Maju

09 May 2023

Pemko Sosialisasikan Pencegahan Karhutla dan Pembukaan Lahan Tanpa Bakar

PALANGKA RAYA - Pemerintah Kota Palangka Raya melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Palangka Raya melaksanakan kegiatan Sosialisasi Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan dan Pelatihan Pembukaan Lahan Tanpa Bakar (PLTB) Kota Palangka Raya Tahun 2023 di Aula Hotel Batu Suli International jalan Raden Saleh Kota Palangka Raya, Selasa (9/5/2023).

Dalam laporannya, Kepala DLH Kota Palangka Raya Achmad Zaini menyampaikan sosialisasi pencegahan karhutla dan sosialisasi pembukaan lahan tanpa bakar, secara tugas dan fungsi terbagi menjadi dua yakni untuk pencegahan karhutla oleh DLH Palangka Raya dan untuk penanggulangan Karhutla dilaksanakan oleh BPBD Palangka Raya.

"Kita tentunya bersiap siaga jelang musim kemarau, sehingga kegiatan ini kita laksanakan sebagai upaya pencegahan dini sebelum terjadinya bencana Karhutla khususnya di Palangka Raya," katanya.

Selain sosialisasi pencegahan Karhutla, pihaknya juga mensosialisasikan untuk pembukaan lahan tanpa bakar kepada masyarakat, sehingga diundang perwakilan masyarakat dari 5 Kecamatan sebanyak 80 orang mulai dari relawan, masyarakat, kelompok tani, perwakilan Pemerintahan Kecamatan dan Kelurahan, diharapkan agar terlibat langsung dalam menjaga terjadinya potensi Karhutla.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palangka Raya Hera Nugrahayu dalam sambutannya sekaligus membuka acara menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya, dalam rangka menjaga kota Palangka Raya.

"Kegiatan ini penting karena merupakan program yang dijalankan oleh Pemerintah Kota Palangka Raya. Apalagi bencana Karhutla yang setiap tahun bisa saja terjadi, sehingga perlu peran dari kita semuanya," ujar Hera.

Selain itu, yang tak kalah penting juga adalah persoalan lingkungan yang berkaitan kebencanaan, termasuk juga pada pelayanan dasar. Sehingga dalam kegiatan ini juga bertujuan sebagai mitigasi bencana, yang mulai dari perencanaan, pelatihan dan hal lainnya.

Pewarta : Antonius Sepriyono | Liputan SBM

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda