Peringati HUT Kalteng, Palangka Raya Kirim Kontingen Ikuti FBIM - Liputan Sbm

Nusantara Baru Indonesia Maju

Nusantara Baru Indonesia Maju

19 May 2023

Peringati HUT Kalteng, Palangka Raya Kirim Kontingen Ikuti FBIM

PALANGKA RAYA - Walikota Palangka Raya Fairid Naparin melalui Asisten 3 Kota Palangka Raya H. Akhmad Fordiansyah melepas Kontingen Kota Palangka Raya dalam mengikuti Festival Budaya Iseng Mulang (FBIM) Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2023.

Acara yang digelar oleh Dinas Disparbudpora Kota Palangka Raya tersebut dilaksanakan di halaman Kantor Walikota Palangka Raya jalan Tjilik Riwut Km 5.5 Jumat (19/5).

Kepala Disparbudpora Kota Palangka Raya Iin Hendrayati Idris, dalam laporannya mengatakan bahwa dasar pelaksanaan kegiatan festival budaya tersebut adalah surat Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah dan Keputusan Walikota Palangka Raya No 188.145/20/2023, tentang dokumen pelaksanaan anggaran Dinas Pariwisata Budaya dan Olahraga Kepemudaan Kota Palangka Raya

"Tujuan diikutkannya Kota Palangka Raya di festival budaya Iseng Mulang Kalimantan Tengah ini adalah untuk berpartisipasi dalam Festival Budaya Isen Mulang, yang menjadi agenda tahunan pariwisata daerah, melestarikan seni budaya dan olahraga tradisional, dan mengasah kemampuan berlomba peserta pada berbagai mata lomba di acara FBIM, serta mempertahankan juara umum yang diraih pada acara sebelumnya," ucapnya.

Lebih lanjut dikatakannya bahwa waktu dan tempat festival budaya isen mulang yang digelar oleh provinsi Kalimantan Tengah tersebut dilaksanakan di Kota Palangka Raya dari tanggal 22 sampai 27 Mei 2023.

"Jumlah kontingen kota yang ikut FBIM berjumlah 162 orang, terdiri dari 30 orang panitia, 12 official dan 120 orang peserta lomba. Cabang lomba yang diikuti Kota Palangka Raya sebanyak 18 cabang lomba," jelasnya. 

Di tempat yang sama Walikota Palangka Raya Fairid Naparin melalui Asisten 3 sekda Kota Palangka Raya H. Akhmad Fordiansyah dalam sambutan tertulisnya yang mengatakan festival budaya isen mulang adalah suatu event budaya yang dilaksanakan setiap tahunnya, dan dalam rangka memeriahkan hari jadi Provinsi Kalimantan Tengah 

"Events FBIM ini adalah event yang memberikan kita motivasi dalam menumbuhkan kembangkan peran serta masyarakat dan usaha dalam mengembangkan budaya dan pariwisata," ucapnya. 

Walikota juga mengajak seluruh masyarakat Kota Palangka Raya untuk terus menjaga dan memelihara adat istiadat dan tradisi serta budaya kearifan lokal yang ada di Kota Palangka Raya. 

"Saya berpesan kepada peserta perwakilan kontingen Kota Palangka Raya agar tetap menjaga kekompakan menjaga kesehatan dengan baik sehingga dapat mengikuti kegiatan nantinya, tetap semangat dan lakukan yang terbaik bagi kota Palangka Raya, Selamat mengikuti festival budaya isen mulang dan jaga nama baik kota Palangka Raya," pungkasnya.

Pewarta : Andy Ariyanto Liputan SBM 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda