Hasanka Boarding School Palangka Raya Ikuti Pelatihan Bantuan Hidup Dasar - Liputan Sbm

Nusantara Baru Indonesia Maju

Nusantara Baru Indonesia Maju

23 June 2023

Hasanka Boarding School Palangka Raya Ikuti Pelatihan Bantuan Hidup Dasar

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (Ist)
PALANGKA RAYA - Polri menggelar Bakti Kesehatan di Jawa Timur dalam rangka peringatan Hari Bhayangkara ke-77. Polri menerima penghargaan rekor MURI dalam pelatihan bantuan hidup dasar.

“Hari ini juga tadi disampaikan kita bisa melewati rekor MURI. Ada pengumuman tadi dari teman-teman yang menilai kita dari MURI bahwa hari ini kita melaksanakan latihan BHD, bantuan hidup dasar,” kata Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, di Mapolda Jatim, Kamis (22/6/2023).

Sigit menyebut, Polri memberikan pelatihan kepada anak-anak di sekolah dan pesantren jika di suatu saat menemukan gangguan kesehatan mulai dari sesak napas hingga indikasi jantung. Sigit mengatakan peserta yang ikut latihan ini melebihi 38 ribu orang.

“Hari ini pelatihan diikuti cukup banyak kurang lebih 38.500, melampaui rekor sebelumnya, yang paling penting adalah kegiatan kali ini menjadi kegiatan yang betul-betul bisa bermanfaat untuk masyarakat khususnya yang menderita sakit, membutuhkan perhatian kita untuk menyelamatkan masyarakat yang butuh pertolongan cepat sebelum dirawat ke RS,” ungkapnya.

Sigit menerangkan Bakti Kesehatan ini digelar serentak di seluruh wilayah Indonesia. Kehadiran Polri di Jatim juga dilakukan kegiatan unggulan salah satunya aplikasi yang menghubungkan masyarakat dengan petugas Polri.

“Sehingga kemudian dalam aplikasi tersebut bisa berinteraksi menghubungi dokter-dokter polisi terdekat apabila membutuhkan pertolongan,” tuturnya.

Sigit menjelaskan dalam rangkaian Bakti Kesehatan ini dilaksanakan mulai dari operasi katarak, bibir sumbing, pelayanan kesehatan umum dan stunting. Sigit juga memberikan sorotan pada anak yang menderita tumor.

“Saya minta Pak Kabiddokkes dan Kapusdokkes untuk segera mengambil langkah-langkah,” tegas Sigit.

Sementara itu, salah satu sekolah yang turut mengikuti Pelatihan Bantuan Hidup Dasar (BHD) 77 Ribu Telapak Tangan Anak Bangsa Untuk Kehidupan dalam rangka Hari Bhayangkara ke-77 Polda Kalimantan Tengah yakni Hasanka Boarding School (HBS) Palangka Raya.

Sekolah yang terletak di jalan Seth Adji Kota Palangka Raya ini mengikuti kegiatan tersebut secara virtual bersama Kapolri.
Foto: Siswa Hasanka Boarding School Palangka Raya antusias mengikuti pelatihan Bantuan Hidup Dasar.
Pendiri Yayasan HBS Palangka Raya, H. Iwan Kurniawan kepada media ini menyampaikan ucapan terima kasihnya atas dilaksanakan kegiatan Pelatihan Bantuan Hidup Dasar tersebut.

"Terima kasih kepada Polri juga Polda Kalteng, pelatihan semacam ini menurut saya sangat baik. Intinya ini sangat berguna," kata Anggota Komisi VII DPR RI Dapil Kalteng ini, Jumat (23/6/2023).

Senada dengan itu, Wakil Ketua Yayasan HBS Palangka Raya, H. Alex Majedi juga mengucapkan terima kasih atas ditunjuknya sekolah Hasanka oleh Polda kalteng sebagai tempat pelatihan Bantuan Hidup Dasar (BHD) dalam rangka hari Bhayangkara ke-77.

"Menurut saya ini baik, melalui pelatihan ini siswa siswi kami jadi tahu tentang Bantuan Hidup Dasar. Ini tentunya akan berguna dikemudian hari, manfaatnya juga banyak," demikian H. Alex.

Pewarta : Antonius Sepriyono | Liputan SBM 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda