Siapkan SDM Unggul di Bidang Desainer Grafis, Mukhtarudin Bersama Kemenperin Gelar Diklat 3 in 1 - Liputan Sbm

Nusantara Baru Indonesia Maju

Nusantara Baru Indonesia Maju

16 June 2023

Siapkan SDM Unggul di Bidang Desainer Grafis, Mukhtarudin Bersama Kemenperin Gelar Diklat 3 in 1

Anggota Komisi VII DPR RI Dapil Kalteng, Drs. H. Mukhtarudin saat menyampaikan sambutannya.
PALANGKA RAYA - Anggota Komisi VII DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) Kalimantan Tengah (Kalteng) Drs. H. Mukhtarudin resmi membuka kegiatan Diklat 3 in 1 Desainer Grafis Muda Angkatan 15 yang dilaksanakan di Ballroom Swiss-Belhotel Danum Palangka Raya, Jumat (16/6/2023).

Mukhtarudin menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan program kolaborasi antara Komisi VII DPR RI dengan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) RI dan Balai Diklat Industri Denpasar.

"Yang paling penting bahwa peluang usaha dibidang desain grafis itu sangat terbuka lebar. Tentunya kami dari Komisi VII DPR RI mendorong melalui diklat ini dalam rangka kita mempersiapkan SDM Kalimantan Tengah agar mempunyai keahlian dibidang desain grafis," kata Mukhtarudin ketika dibincangi oleh sejumlah media usai kegiatan.

Mukhtarudin mengharapkan setelah mengikuti diklat tersebut para peserta diharapkan nanti telah siap bekerja di sektor desain grafis karena telah dibekali dengan berbagai materi oleh narasumber yang hadir.

"Karena SDM yang unggul dan baik tentunya akan bisa menghadapi berbagai situasi yang akan datang kedepannya. Apalagi kita akan menghadapi bonus demografi, yang artinya jika kita tidak mempersiapkan maka akan menjadi beban, tapi kalau kita siapkan SDM kita dari sekarang maka akan menjadi modal untuk pembangunan," ungkapnya.

Dikatakan Mukhtarudin bahwa mencetak SDM yang unggul memang bukanlah perkara mudah, perlu berbagai sinergi antara semua pihak. Oleh karena itu, dirinya mengajak seluruh pihak untuk bersama-sama mencetak SDM Kalteng yang unggul dan berdaya saing.

"Mencetak SDM itu gak seperti makan cabe digigit pedas, dicetak hari ini bukan berarti hari ini juga kita merasakannya, tetapi nanti hasilnya, perlu proses dulu. Tapi kalau SDM kita bagus itu akan menjadi modal untuk pembangunan kedepannya," sebutnya.

Selain itu, Mukhtarudin menyampaikan para peserta yang mengikuti diklat tersebut akan menerima sertifikat dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). 

"Nanti para peserta ini akan diuji kompetensi oleh BNSP. Artinya mereka yang dilatih ini akan menerima 2 sertifikat yaitu sertifikat kursus dan sertifikat kompetensi bagi yang lulus. Karena kalau sudah punya sertifikat kompetensi berarti dianggap orang yang sudah profesional di bidangnya.

Sementara itu, Kepala Balai Diklat Industri (BDI) Denpasar, Ali Khomaini mengatakan bahwa diklat yang dilakukan untuk memperkuat kapasitas SDM agar menghasilkan SDM yang produktif.

"Belajar dan manfaatkanlah ilmu yang didapat melalui diklat ini dengan sebaik-baiknya," pesannya.

Diketahui bahwa ada sekitar 50 orang peserta yang mengikuti kegiatan Diklat 3 in 1 Desainer Grafis Muda Angkatan 15 selama lima hari yang dilaksanakan di Ballroom Swiss-Belhotel Danum Palangka Raya itu.

Pewarta : Antonius Sepriyono | Liputan SBM 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda