Fairid Peringatkan Sekolah Tidak Urusi Masalah Seragam - Liputan Sbm

Nusantara Baru Indonesia Maju

Nusantara Baru Indonesia Maju

07 July 2023

Fairid Peringatkan Sekolah Tidak Urusi Masalah Seragam

PALANGKA RAYA - Walikota Palangka Raya Fairid Naparin melakukan sidak ke beberapa sekolah SMP dan SD yang berada di wilayah Kota Palangka Raya, Jumat (7/7/2023).

Walikota Palangka Raya Fairid Naparin saat diwawancarai awak media mengatakan tujuan dari sidak yang dilakukan tersebut terkait adanya isu yang mengatakan bahwa ada beberapa sekolah yang mewajibkan siswa baru untuk menebus pakaian sekolah terutama pakaian batik dan pakaian olahraga. 

"Saya kesini untuk mengkonfirmasi, mengecek dan mensidak apakah informasi yang berkembang di luar itu benar adanya. Jadi silahkan teman-teman media menanyakan secara langsung dengan orang tua siswa yang saat ini ada disekolah untuk mengukur baju," ucap Walikota. 

Walikota juga mengingatkan untuk para kepala sekolah untuk tidak mengurusi pakaian sekolah, dan mewajibkan orang tua siswa untuk membeli baju di koperasi sekolah. 

"Setelah hasil rapat Pemerintah Kota Palangka Raya dan tim saber pungli agar sekolah tidak lagi mengurusi masalah pakaian sekolah atau mewajibkan orang tua siswa untuk membeli pakaian di Koperasi sekolah," katanya.

Fairid juga tidak melarang sekolah untuk menyediakan baju seragam apabila ada kesepakatan sekolah dengan orang tua murid. 

"Di dalam Permendikbud nomor 50 tahun 2022 memang tidak boleh memaksakan orang tua murid untuk membeli pakaian di koperasi sekolah, akan tetapi di peraturan tersebut tidak melarang koperasi sekolah untuk menjual pakaian sekolah selama ada kesepakatan antara sekolah dengan orang tua murid," jelasnya.

Walikota juga menghimbau untuk kepala sekolah dari PAUD sampai SMP untuk tidak lagi mewajibkan, memaksa dan mengarahkan orang tua siswa untuk membeli baju di Koperasi sekolah. 

"Bila untuk keseragaman pakaian di sekolah, saya meminta sekolah cukup memberikan model dan warna pakaian kepada orang tua murid dan biarkan orang tua murid membuat pakaian itu di luar," tegas Walikota

Diketahui dalam sidak ini Walikota Palangka Raya Fairid Naparin didampingi oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kepala Dinas Kominfo Kota Palangka Raya. 

Sekolah yang dikunjungi Walikota Palangka adalah SMP 3 dan SD Palangka 6 Kota Palangka Raya.

Pewarta : Andy Ariyanto | Liputan SBM 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda