Hari Sungai Nasional 2023, Fairid Ingatkan Menuju 10 Tahun World Water Forum - Liputan Sbm

Nusantara Baru Indonesia Maju

Nusantara Baru Indonesia Maju

28 July 2023

Hari Sungai Nasional 2023, Fairid Ingatkan Menuju 10 Tahun World Water Forum



Palangka Raya - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Balai wilayah Sungai Kalimantan II Palangka Raya menggelar acara Hari Sungai Nasional Tahun 2023.

Hari Sungai Nasional 2023 ini mengambil tema "Sungai Bersih untuk Kehidupan dan Alam", bertempat di Drainase pasar Kahayan jalan Tjilik Riwut dan dibuka secara langsung oleh walikota Palangka Raya yang mana diwakili oleh Kepala Dinas PUPR Kota Palangka Raya Arbert Tombak, SE,M.AP. Kamis (27/07/2023). 

Sambutan Walikota Palangka Raya yang dibacakan oleh Kepala Dinas PUPR Kota mengatakan bahwa Hari ini adalah hari Sungai Nasional untuk menuju 10 tahun World Water Forum. 

"Puji dan syukur kepada Tuhan YME bahwa kita pada hari ini dapat melaksanakan Giat acara susur dan bersih-bersih Sungai dalam rangka hari Sungai Nasional, dan dalam rangka memberikan motivasi pada masyarakat agar lebih peduli pada sungai. " Ucapnya. 

Arbrt juga menjelaskan penyumbang kerusakan terbesar pada Sungai adalah dari perkebunan, pertambangan, dan industri pembuangan limbah domestik, maupun rumah tangga. 

"Kalimantan Tengah sendiri mempunyai 11 Sungai besar di 14 kabupaten/kota. Dimana Sungai semakin keruh dan bahkan tercemar hal ini diakibatkan karena penambangan emas dan batu bara, penebangan pohon dan pembukaan lahan untuk perkebunan," Paparnya.

Lebih lanjut dikatakannya Sungai mempunyai manfaat yang penting bagi umat manusia diantaranya sebagai habitat makhluk hidup, sumber minuman dan makanan.

"Upaya-upaya yang dapat kita lakukan untuk perlindungan terhadap Sungai, diantaranya tidak membuang limbah yang tidak diolah ke sungai. Tidak membuang limbah padat yang bisa membuat saluran jadi tersumbat, jangan menumpahkan puing-puing konstruksi ke sungai, menggunakan teknik berkebun yang baik dan hindari penggunaan pestisida, "jelasnya.

Arbert juga mengatakan Peringatan hari sungai ini yang terpenting bagi masyarakat mengetahui bahwa sungai adalah milik kita bersama.

"Menjaga sungai yang bersih dan lestari adalah tanggung jawab kita bersama." Tegasnya.

Ditempat yang sama Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Palangka Raya, Achmad Zaini mengatakan bahwa kehadiran DLH di acara ini karena drainase pasar Kahayan ini salah satu dari sungai yang dibantu oleh dinas lingkungan hidup. 

"Harapan saya dengan adanya kegiatan ini dapat mendorong dan mengedukasi masyarakat sekitar agar bersama-sama menjaga sungai dan jangan membuang sampah ke sungai karena fungsi sungai sangat banyak bagi kehidupan, " Pungkasnya.

Pewarta : Andy Ariyanto


Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda