KASAD Award 2023: Apresiasi TNI AD Kepada Media Dalam Merawat Kebangsaan dan Membangun Kesadaran Publik - Liputan Sbm

Nusantara Baru Indonesia Maju

Nusantara Baru Indonesia Maju

10 July 2023

KASAD Award 2023: Apresiasi TNI AD Kepada Media Dalam Merawat Kebangsaan dan Membangun Kesadaran Publik

PALANGKA RAYA - TNI Angkatan Darat melaksanakan KASAD Award sebagai apresiasi kepada media yang turut merawat kebangsaan, Senin (10/7/2023).

Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KASAD) Jenderal Dr. Dudung Abdurachman dalam sambutannya pada acara puncak KASAD Award mengatakan bahwa di masa kini, permasalahan keamanan tidak hanya sebatas menjadikan negara sebagai obyek yang harus dijaga, tetapi harus juga menjaga dan melindungi rasa aman manusia dan kemanusiaan itu sendiri.

Menurutnya, saat ini perspektif keamanan harus ditempatkan sebagai barang publik (publik goods) yang berhak dinikmati oleh setiap warga, baik individu, kelompok, maupun sebagai bangsa dengan menempatkan kewajiban negara untuk mengatur dan mengelolanya.

Jenderal Dr. Dudung Abdurachman menyebut, kondisi ini membutuhkan sebuah paradigma baru tentang keamanan yang tidak lagi semata-mata memfokuskan kepada keamanan negara, namun juga keamanan individual (individual security) atau keamanan manusia (human security). 

“Dalam kerangka pembangunan human security itulah, TNI AD mencermati peran penting pers dalam mengartikulasikan 10 isu strategis yang masuk dalam kategori penilaian dewan juri,” kata Dudung.

TNI AD berpandangan bahwa peran pers sangatlah strategis dalam upaya turut membangun awareness publik terhadap berbagai permasalahan human security. Pers sebagai media penyalur informasi yang akurat, berimbang, dan independen sangat krusial dalam menjalankan peran membangun pengetahuan masyarakat dan melakukan pengawasan terhadap kepentingan umum. 

“Oleh karena itu, KASAD Award 2023: Apresiasi untuk Media diberikan kepada pers yang memberi perhatian terhadap 10 isu strategis tersebut,” ungkapnya.

KASAD Award merupakan inisiatif dari pimpinan TNI Angkatan Darat untuk memberikan apresiasi kepada media yang mengangkat sepuluh isu strategis dalam pemberitaan mereka.

Sepuluh isu strategis yang menjadi kategori penilaian ini menjadi penting karena merupakan bagian dari program prioritas pemerintah dan menjadi perhatian masyarakat.

Media yang disorot dalam seleksi KASAD Award 2023 ini meliputi media nasional, media daerah, dan media kampus.

Berikut sepuluh kategori KASAD Award:

1. Keberagaman dan Toleransi

2. Melawan Radikalisme

3. Pengarusutamaan Gender

4. Inovasi Digital

5. Solidaritas Internasional

6. TNI AD di Tengah Kesulitan Rakyat

7. Pembangunan di Daerah 3T

8. Perlindungan Anak

9. Menekan Stunting

10. Pelestarian Kebudayaan

Komandan Korem (Danrem) 102/Pjg Bayu Permana. (Ist)
Sementara itu, Komandan Korem (Danrem) 102/Pjg Bayu Permana ketika dibincangi oleh sejumlah media usai menyaksikan acara KASAD Award 2023 di Aula Korem mengatakan bahwa pada masa kini pers memiliki peran yang sangat penting.

"Insan pers memiliki peran yang sangat penting, pesan saya teruntuk insan pers jangan hanya memberitakan berita-berita kriminal saja, tetapi berikanlah berita-berita yang bisa merawat kebangsaan untuk kemajuan bangsa ini terutama di Kalimantan Tengah," kata Bayu.

Sebagai contoh pihaknya sedang melaksanakan operasi TNI Manunggal Membangun Desa atau TMMD yang dilaksanakan di Palangka Raya dan Sampit.

"Kegiatan TMMD yang dilaksanakan di Palangka Raya dan Sampit ini bisa kita beritakan sehingga menjadi berita yang menarik, tinggal bagaimana kita memberitakannya, menyajikannya menjadi berita yang menarik bagi seluruh masyarakat di Kalimantan Tengah," demikian Bayu.

Pewarta : Antonius Sepriyono | Liputan SBM 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda