Mukhtarudin Gelar Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan: Menguatkan Komitmen dan Filter Budaya Asing - Liputan Sbm

Nusantara Baru Indonesia Maju

Nusantara Baru Indonesia Maju

16 July 2023

Mukhtarudin Gelar Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan: Menguatkan Komitmen dan Filter Budaya Asing

Anggota Komisi VII DPR RI Dapil Kalimantan Tengah Drs. H. Mukhtarudin. (Ist)
PALANGKA RAYA - Anggota Komisi VII DPR RI Dapil Kalimantan Tengah Drs. H. Mukhtarudin menggelar sosialisasi 4 Pilar Pancasila, UUD 45, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika di Aula Hotel Batu Suli Internasional Palangka Raya, Minggu (16/7/2023).

"Sosialisasi ini dilaksanakan agar nilai-nilai kebangsaan yang ada di Empat Pilar tersebut dapat diamalkan di kehidupan sehari-hari. Jadi tidak hanya dimengerti dan dipahami saja melainkan harus diamalkan di kehidupan," kata Mukhtarudin saat diwawancarai oleh sejumlah media usai kegiatan tersebut.

Mukhtarudin juga menyebut tujuan utama dari dilaksanakannya sosialisasi tersebut adalah merupakan salah satu langkah untuk membentuk filter agar menangkal budaya-budaya asing dan nilai-nilai yang menyimpang yang masuk dan diterima oleh setiap orang.

"Ini penting untuk masyarakat, juga untuk generasi-generasi muda yang akan datang agar nilai-nilai kebangsaan ini tidak luntur serta tidak terpengaruh oleh paham-paham atau nilai-nilai dari bangsa lain yang tidak cocok dengan negara kita," tegasnya.

Pada kesempatan tersebut Mukhtarudin menitikberatkan pada pentingnya pengamalan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam wawasan Empat Pilar Kebangsaan, yakni Pancasila sebagai Dasar Negara dan Ideologi Negara, Undang-Undang Dasar 1945 sebagai Konstitusi, Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai Bentuk Negara, dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai Semboyan Negara.

Terlebih di era sekarang kata Mukhtarudin, tantangan kebangsaan saat ini begitu kompleks, di antaranya pengaruh globalisasi kehidupan yang semakin meluas dan persaingan antar bangsa yang semakin tajam. Belum lagi makin kuatnya intervensi-intervensi kekuatan global dalam perumusan kebijakan nasional, bahkan kekuatan-kekuatan yang ingin merongrong kedaulatan bangsa dan negara ini.

Oleh karena itu, menurut Mukhtarudin kenapa sosialisasi ini menjadi penting agar wawasan kebangsaan kita semakin mantap dan semakin kokoh untuk meningkatkan komitmen kebangsaan.

"Pengaruh dari arus globalisasi yang semakin keras kalau tidak kita filter dengan nilai budaya kita itu bisa mempengaruhi karakter bangsa kita kedepannya," jelasnya.

Anggota Komisi VII DPR RI dari Fraksi Golkar ini juga menyebut bahwa kegiatan yang dilaksanakan tersebut merupakan upaya pihaknya untuk merefresh atau menyegarkan kembali nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Empat Pilar.

"Ini merupakan ikhtiar kita bersama untuk menjaga agar pilar kebangsaan tetap kokoh dan kuat sebagai penyangga Negara Kesatuan Republik Indonesia," demikian Mukhtarudin.

Pewarta : Antonius Sepriyono | Liputan SBM 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda