Pagelaran Seni Senandung Irama di Bumi Pancasila: Memperkuat Identitas Budaya Kalteng - Liputan Sbm

Nusantara Baru Indonesia Maju

Nusantara Baru Indonesia Maju

22 July 2023

Pagelaran Seni Senandung Irama di Bumi Pancasila: Memperkuat Identitas Budaya Kalteng

PALANGKA RAYA - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalteng melaksanakan pagelaran seni budaya dengan mengambil judul Senandung Irama di Bumi Pancasila. Acara ini bertempat di Unit Pelaksana Tugas (UPT) Taman Budaya Kalimantan Tengah, jalan Temanggung Tilung XIII, Kota Palangka Raya, Sabtu (22/7/2023).

Kepala UPT Taman Budaya Wildae D. Binti mengatakan tema yang diambil pada acara ini adalah "Senandung Irama di Bumi Pancasila", irama yang disuguhkan dari berbagai genre yang merupakan kekayaan seni budaya yang dimiliki oleh Provinsi Kalimantan Tengah dan juga menjadi kebanggan bagi insan seni di bumi Pancasila. 

"Maksud dan tujuan dari acara ini adalah dalam rangka melestarikan dan mencintai seni dan budaya di Kalimantan Tengah," ucapnya. 

Wildae juga menjelaskan bahwa pergelaran ini bertujuan untuk memaksimalkan, pemanfaatan, dan pemacuan objek kebudayaan kalteng. Yang dalam hal ini adalah panggung teater terbuka UPT Taman Budaya. 

"Acara ini akan diisi dengan berbagai penampilan ada puisi, tari, grup band cilik dan juga DJ Dayak," jelasnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalteng Adiah Chandra Sari dalam sambutannya mengatakan seni merupakan bagian dari budaya dan juga sebagai identitas suatu bangsa, oleh sebab itu sudah menjadi tanggung jawab kita bersama baik itu pemerintah, masyarakat, termasuk para pelaku seni untuk memelihara, serta kita berkewajiban untuk mengembangkan seni dan budaya itu sendiri di tengah-tengah bangsa kita khususnya dalam hal ini adalah seni pertunjukan. 

"Untuk diketahui pemerintah kalteng memberikan apresiasi dan penghargaan serta pembinaan pada para pelaku seni melalui gelar seni budaya pada hari ini, upaya ini adalah satu wujud nyata dari strategi pengembangan dan pelestarian yang berkesinambungan yang dimana dapat berdampak pada seni dan budaya di kalteng," tuturnya. 

Adiah juga berharap dengan sering adanya pertunjukan seni di taman budaya ini, dapat menarik minat masyarakat untuk selalu menyaksikan pagelaran seni di Kalimantan Tengah. 

"Saya berharap dengan adanya pertunjukan ini dapat meningkatkan kreatifitas dan inovasi bagi para seniman di kalteng," tandasnya. 

Adiah juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah ikut berpartisipasi sehingga pagelaran seni budaya dengan judul Senandung Irama di Bumi Pancasila dapat terlaksana dengan sukses dan Lancar.

Pewarta : Andy Ariyanto | Liputan SBM 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda