Ratusan Mahasiswa di Kota Palangka Raya Ikuti Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah - Liputan Sbm

Nusantara Baru Indonesia Maju

Nusantara Baru Indonesia Maju

17 July 2023

Ratusan Mahasiswa di Kota Palangka Raya Ikuti Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah

PALANGKA RAYA - Ratusan mahasiswa mengikuti kegiatan Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI) di Ballroom Seruyan M. Bahalap Hotel yang digagas oleh Anggota Komisi VII DPR RI Dapil Kalimantan Tengah (Kalteng) Drs. H. Mukhtarudin bekerja sama dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

"Salah satu tugas dan fungsi dari BRIN adalah melakukan riset dan inovasi. Dalam hal melakukan riset dan inovasi itu diperlukan SDM yang unggul dan SDM yang unggul itu harus dibentuk melalui program-program yang bisa membina mereka, contohnya seperti kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini," kata Kepala Pusat Riset Lingkungan dan Teknologi Bersih, Sasa Sofyan Munawar saat dibincangi oleh sejumlah media, Senin (17/7/2023).

Sasa menyebut pembinaan SDM insan cendikia yang kompeten itu harus dilakukan secara bertahap agar SDM yang unggul di seluruh Indonesia itu akan banyak dan merata.

"Sejauh ini dengan pelatihan semacam ini kita melihat penulisan KTI yang secara umum itu meningkat. Sementara untuk materi yang diberikan pada hari ini adalah khusus menggali data riset dan mengolah hasil riset serta nanti juga akan ada praktiknya," ungkapnya.

Anggota Komisi VII DPR RI Dapil Kalteng Drs. H. Mukhtarudin. (Ist)
Sementara itu, Anggota Komisi VII DPR RI Dapil Kalteng Drs. H. Mukhtarudin kepada Liputan SBM menyampaikan bahwa kegiatan yang dilaksanakan tersebut dalam rangka untuk meningkatkan kapasitas SDM di Kalteng khususnya bagi mahasiswa di Kota Palangka Raya.

"Tujuannya adalah agar membekali mahasiswa untuk menyelesaikan tugas-tugasnya di kampus baik tugas dari mata kuliah dan tugas akhir seperti penulisan skripsi dan lainnya. Nanti mereka akan diajarkan bagaimana membuat sebuah karya tulis yang memiliki kaidah-kaidah ilmiah dan benar secara metodologis," sebut Mukhtarudin.

Pada intinya kata Mukhtarudin, kegiatan tersebut bermuara pada peningkatan kapasitas SDM. "Sudah sering saya sampaikan bahwa kualitas SDM sangat mempunyai korelasi yang kuat untuk pembangunan sebuah bangsa dan negara, semakin baik dan bagus kualitas SDM nya maka semakin maju sebuah daerah itu," tegasnya.

Anggota Komisi VII DPR RI dari Fraksi Golkar ini berharap agar kegiatan peningkatan kapasitas SDM semacam ini terus diperbanyak di Kalteng. Selain itu, dirinya juga menyampaikan bahwa pihaknya akan selalu siap untuk memfasilitasi.

"Apalagi Kalimantan Tengah merupakan bagian integral dari pengembangan kawasan Ibukota Negara. Nah generasi-generasi muda  kita di Kalteng ini perlu dipersiapkan sedini mungkin agar mereka mampu bersaing. Ini juga merupakan tugas saya sebagai Anggota DPR RI yang diberi amanah untuk mempersiapkan masyarakat Kalteng kedepannya agar kita tidak hanya menjadi penonton dan terpinggirkan ketika IKN berkembang, ini harus kita persiapkan, persiapan itu penting," katanya.

Memang sebut Mukhtarudin, mencetak SDM yang unggul, kompetitif dan berdaya saing itu bukanlah perkara yang mudah dilakukan, hal itu tentunya memerlukan proses yang sangat panjang.

"Memang mencetak SDM itu tak seperti makan cabe ketika dimakan pedasnya langsung dirasakan sekarang, tapi ada prosesnya, yang kita bikin hari ini hasilnya juga bukan hari ini kita dapatkan tapi nanti. Oleh karena itu, saya menghimbau kepada Pemerintah Pusat dan Daerah agar bersama-sama melalui pendidikan formal dan informal kita tingkatkan kualitas SDM masyarakat Kalteng agar menjadi manusia yang unggul, berdaya saing dan bisa bermanfaat untuk pembangunan bangsa dan daerah," pungkasnya.

Pewarta : Antonius Sepriyono | Liputan SBM 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda