Dishut Kalteng Ajak Masyarakat Bersama-sama Cegah Karhutla - Liputan Sbm

Nusantara Baru Indonesia Maju

Nusantara Baru Indonesia Maju

15 August 2023

Dishut Kalteng Ajak Masyarakat Bersama-sama Cegah Karhutla

Plt. Kepala Dishut Kalteng, Agustan Saining. (Ist)
PALANGKA RAYA - Dinas Kehutanan (Dishut) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) sejauh ini telah melakukan berbagai macam upaya untuk mencegah dan mengatasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Kalteng.

Salah satunya adalah Dishut Kalteng melibatkan dan mengajak masyarakat untuk bersama-sama dalam mencegah dan mengatasi karhutla.

Apalagi sekarang sudah memasuki musim kemarau, tentunya potensi terjadinya karhutla bisa saja terjadi di Provinsi yang berjuluk Bumi Tambun Bungai itu.

“Karhutla ini kan bukan hanya tanggungjawab Pemerintah saja, tapi tanggungjawab seluruh masyarakat. Jadi kami sangat mengharapkan partisipasi dari masyarakat, khususnya terkait pembukaan lahan tanpa bakar,” kata Plt. Kepala Dishut Kalteng Agustan Saining saat diwawancarai oleh sejumlah awak media di Palangka Raya, Selasa (15/8/2023).

Agustan menyebut, potensi terjadinya karhutla dapat terjadi salah satunya akibat adanya oknum yang dengan tidak sengaja, bahkan ada yang sengaja menghidupkan api baik itu di hutan maupun di lahan. 

Bahkan katanya, hal yang terkadang luput dari perhatian adalah api yang telah hidup, lalu dimatikan padahal dibawah lahannya ternyata api masih ada, dan itulah yang pada akhirnya menjadikan kebakaran terjadi dalam skala besar. 

Sementara itu, hingga saat ini seluruh stakeholder terkait yang ada di Provinsi Kalteng telah turun dan berjibaku langsung dengan karhutla yang telah terjadi. Apalagi hingga saat ini tidak turun hujan selama beberapa waktu, sehingga beberapa titik di sejumlah wilayah rawan di Kalteng mengalami karhutla setiap harinya. 

“Saat (wilayah yang terjadi kebakaran) diantaranya, di Palangka Raya, Kapuas, Pulang Pisau dan Kotawaringin Timur yang masih mendominasi saat ini. Makanya satu Minggu terakhir ini kita rasakan semacam sudah mulai ada kabut-kabut asap tapi masih bisa kita antisipasi,” bebernya.

Lebih lanjut Agustan menyampaikan, salah satu kendala di lapangan saat penanggulangan karhutla, diantaranya adalah akses air yang digunakan untuk memadamkan api. Karena sumber air yang jaraknya sangat jauh, sehingga perlu beberapa kali melakukan penyambungan selang air, selain itu juga sumur-sumur air juga bisa dikatakan terbatas. 

Kendati demikian, pihaknya akan terus melakukan koordinasi dan bergerak turun ke lapangan dengan sejumlah stakeholder lainnya. Serta sekali lagi pihaknya meminta kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam penanggulangan karhutla di Kalteng. 

Pewarta : Antonius Sepriyono 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda