HUT HIMPAUDI: Suarakan Komunitas Guru PAUD dalam Membangun Karakter dan Kecakapan Anak Sejak Dini - Liputan Sbm

Nusantara Baru Indonesia Maju

Nusantara Baru Indonesia Maju

30 August 2023

HUT HIMPAUDI: Suarakan Komunitas Guru PAUD dalam Membangun Karakter dan Kecakapan Anak Sejak Dini

Plt Kepala Dinas Pendidikan Kalteng, Eka Aprilianty. (Ist)
PALANGKA RAYA - Perhimpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia atau HIMPAUDI Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) memperingati HUT ke-18 Tahun 2023.

“Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah pada dasarnya kewenangannya adalah SMA, SMK dan SLB, namun kami mendukung kegiatan yang dilaksanakan oleh HIMPAUDI apalagi tadi dalam rangka merayakan hari ulang tahun HIMPAUDI yang ke-18,” kata Plt Kepala Dinas Pendidikan Kalteng, Eka Aprilianty ketika dibincangi oleh sejumlah media diruang kerjanya, Rabu (30/8).

Selain itu, pihaknya mendukung agar guru-guru dapat berkolaborasi baik itu dalam satu komunitas seperti HIMPAUDI atau pun komunitas lainnya seperti Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI), Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA) dan komunitas guru lainnya.

Menurut Eka, di PAUD anak didik akan dibekali dengan kecakapan pondasi awal sejak dini. “Jadi harapannya siswa-siswi ini tidak hanya diberikan kegiatan yang berfokus pada membaca menulis dan berhitung saja, tetapi kegiatan lainnya yang lebih merangsang motorik anak seperti kemampuan berbahasa dan interaksi, kemudian juga memahami tentang agamanya dan memiliki budi pekerti kemudian dapat memaknai proses pembelajaran itu secara positif,” ungkapnya.

Untuk mewujudkan hal itu kata Eka, diperlukan kolaborasi antara Dinas Pendidikan Provinsi Kalteng, Dinas Pendidikan Kota, maupun organisasi mitra pendidikan terkait lainnya.

Dengan bekerja sama, mereka bisa saling berbagi pengetahuan dan pengalaman untuk meningkatkan pendidikan anak usia dini.

Eka juga menyampaikan bahwa pendidikan di PAUD juga sangat penting, karena dimasa awal perkembangan anak itu merupakan masa emas.

“Sehingga perlu dirangsang ataupun diberikan stimulus dengan kegiatan-kegiatan yang positif agar mereka itu lebih memiliki karakter yang kuat dalam menghadapi masa depan,” demikian Eka.

Pewarta : Antonius Sepriyono

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda