Ketua TP-PKK Palangka Raya Kunjungi Lokasi Pertanian Padi Apung Inovatif - Liputan Sbm

Nusantara Baru Indonesia Maju

Nusantara Baru Indonesia Maju

25 August 2023

Ketua TP-PKK Palangka Raya Kunjungi Lokasi Pertanian Padi Apung Inovatif

PALANGKA RAYA - Dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan keluarga, Ketua TP-PKK Kota Palangka Raya Avina Fairid Naparin melakukan kunjungan ke lokasi pertanian padi rumah Kelompok Tani Karya Suka Maju, Jumat (25/8/2023) pagi.

Bertempat di kawasan permukiman padat penduduk, Poktan Karya Suka Maju Jalan Murjani Gang Sari 45 Ujung, Ketua TP-PKK Kota Palangka Raya Avina Fairid Naparin didampingi oleh Camat Pahandut Berlianto, Ketua PKK Kecamatan Pahandut Incha Fahnira Berlianto, Lurah Pahandut Ahmad Reza serta Ketua Poktan Karya Suka Maju Syamsul Hidayat.

Camat Pahandut Berlianto saat menyambut kedatangan rombongan Ketua TP-PKK Kota Palangka Raya mengatakan lokasi pertanian Kelompok Tani (poktan) Karya Suka Maju ini merupakan lokasi pertanian yang pertama kali berada di lokasi padat penduduk. Lahan pertanian ini nantinya diharapkan dapat menjadi percontohan dan dapat menjadi ide bagi masyarakat untuk memanfaatkan lahannya.

“Dengan adanya lahan pertanian percontohan Karya Suka Maju yang berada di kawasan padat penduduk ini, masyarakat sekitar pemukiman dapat melihat prospek dan ini nantinya dapat membantu dalam menunjang kesejahteraan masyarakatnya. Ini akan merangsang minat dari warga sekitar untuk mencontoh keberhasilan poktan Karya Suka Maju,” tutur Berlianto.

Diketahui, tanaman padi yang tumbuh di lahan seluas 2 hektar ini terbagi menjadi dua lokasi penanaman, yang pertama lokasi yang menggunakan budidaya padi apung dan yang kedua tanaman padi ditanam langsung di media tanah.

Untuk lahan pertanian ditanami dengan padi varietas Hibrida Nutri Zinc yang mana kandungannya nutrisi yang terkandung didalamnya diperuntukkan bagi ibu hamil dan stunting dengan harapan untuk memenuhi kebutuhan bagi ibu hamil dan menekan stunting. Untuk diketahui bersama, tanaman padi ini nantinya akan dipanen pada bulan akhir September nanti.

Ketua TP-PKK Kota Palangka Raya Avina Fairid Naparin menyambut baik dengan adanya inovasi pertanian di lahan yang berada di kawasan padat penduduk tersebut “Ini menjadi pencapaian yang luar biasa, dapat kita lihat bersama dengan konsep yang sedikit berbeda yaitu dilahan padi apung yang dapat menyesuaikan dalam cuaca dan kondisi apapun, para petani dapat selalu menanam padi dan dapat mengurangi hambatan dalam proses penanaman,” tutur Avina.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Poktan Karya Suka Maju Syamsul Hidayat menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Pemerintah Kota Palangka Raya dan kepada Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan Provinsi Kalimantan Tengah yang selalu mendukung para Poktan dalam setiap proses pertanian yang mereka lakukan.

“Walaupun dalam prosesnya kami terkendala dalam hal irigasi pengairan, tapi kami tetap optimis untuk dapat berhasil menanam padi di lokasi pertanian yang padat penduduk. Kami merasa bangga karena di Kelurahan Pahandut lahan kami adalah lahan pertama yang ditumbuhi padi. Kami juga ingin memberikan contoh bagi teman-teman poktan lainnya bahwa kami berhasil menanam padi hingga proses panennya nanti,” pungkasnya.

Pewarta : Margaretha Febrianty

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda