Pemko Meningkatkan Kesejahteraan Nelayan Melalui Bantuan Perahu dan Peralatan di Rakumpit - Liputan Sbm

Nusantara Baru Indonesia Maju

Nusantara Baru Indonesia Maju

03 August 2023

Pemko Meningkatkan Kesejahteraan Nelayan Melalui Bantuan Perahu dan Peralatan di Rakumpit

PALANGKA RAYA - Plt Asisten Administrasi Umum Setda Kota Palangka Raya Ahmad Fordiansyah mewakili Walikota Fairid Naparin menyerahkan bantuan perahu beserta sarana peralatan dan kelengkapannya untuk Pokmaswas dan Nelayan Tangkap di Kecamatan Rakumpit. 

Acara yang di gelar oleh Dinas Perikanan Kota Palangka Raya ini dilaksakan di Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Rakumpit, Kamis (3/8/2023).

Sambutan Wali Kota Palangka Raya, yang dibacakan oleh Ahmad Fordiansyah mengatakan bahwa penyerahan bantuan ini adalah wujud dari keperdulian Pemko Palangka Raya dalam membantu meningkatkan tarap hidup nelayan dan menjaga kelestarian ikan lokal diperairan umum terutama di Kecamatan Rakumpit.

“Jadi dengan diserahkannya bantuan ini, harapan saya dapat meningkatkan peran Pokmawas itu sendiri dalam mengelola serta menjaga sumber daya perairan dan kelestarian perikanan khususnya di Kecamatan Rakumpit agar tetap berkelanjutan,” ucap Fordiansyah.

Fordiansyah juga berharap bagi para nelayan agar bantuan ini dapat memberikan manfaat langsung sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan kehidupan bagi masyarakat nelayan kecil sebagai penopang ekonomi dan juga dapat memenuhi kebutuhan konsumsi ikan bagi masyarakat pada umumnya.

“Tentunya besar harapan saya dengan adanya bantuan ini dapat membawa manfaat yang besar kepada masyarakat di Kecamatan Rakumpit untuk menjaga ekosistem dan sumber daya ikan agar lestari berkelanjutan untuk kebutuhan hidup sekarang dan kehidupan anak cucu kita yang akan datang,” harapnya.

Sementara itu, saat membacakan laporannya Kepala Dinas Perikanan Kota Palangka Raya, Indriarti Ritadewi mengatakan jika bantuan yang diberikan untuk Pokmawas sendiri terdiri dari 4 buah perahu beserta kelengkapannya berupa pengayuh, atap terpal, kerangka besi dan mesin penggerak, baju tim, celana panjang, jaket, kaos berlogo, rompi pelampung, senter kepala dan topi.

Sementara, untuk Nelayan Tangkap sendiri yaitu sebanyak 23 perahu beserta kelengkapannya berupa pengayuh, rompi pelampung dan senter kepala.

“Harapan saya adanya bantuan ini mampun meningkatkan peran serta masyarakat dalam menjaga kelestarian perairan umum terutama sungai/danau dan mapu meningkatkan kesejahteraan masyarakat/nelayan tangkap. Pesan saya kepada para nelayan dan Pokmawas agar bantuan ini agar senan tiasa dijaga, dipelihara serta dimanfaatkan sebaik mungkin,” pungkasnya. 

Sumber : Media Center Kota Palangka Raya

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda